Jika kamu berkunjung ke satu objek / tempat wisata, pasti yang wajib ditanyakan itu apa oleh-oleh khas tempat / daerah disitu? Rugi rasanya jika berkunjung ke tempat wisata tapi tidak membawa oleh-oleh sebagai cendramata.

Dan Jogja, merupakan kota wisata yang penuh dengan berjuta oleh-oleh khas daerahnya.

Buka hanya keaneka ragaman budaya, tapi Jogja juga merupakan kota dengan beraneka ragam oleh-oleh (makanan) yang dapat kamu nikmati sejadi-jadinya.

Dan ini, ada 3 oleh-oleh yang wajib kamu bawa setelah selesai berlibur ke Jogja. Apa saja itu? yuk! kita bahas satu-satu oleh-oleh khas Jogja tersebut.

Bakpia

oleh-oleh khas jogja

Bakpia

Inilah oleh-oleh yang paling terkenal di Jogja. Bakpia, berbentuk bulat kecil yang didalamnya diisi kacang hijau. Dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Tapi seiring perkembangan, Bakpia sekarang memiliki aneka rasa. Mulai dari yang isi keju, coklat, dan masih banyak rasa lainnya.

Bakpia yang terkenal di Jogja adalah dari daerah Pathuk. Dan toko Bakpia yang terkenal yaitu Bakpiapathuk 25, Bakpia pathuk 75, Bakpia Kurniasari dan beberapa toko bakpia lainnya.

Geplak

cendramata jogja

Geplak

Geplak merupakan makanan yang berbahan dasar kelapa, gula, dan pewarna makanan serta aroma yang sesuai dengan selera. Geplak ini disajikan dengan berbagai warnya mencolok seprti kuning, pink, coklat dan warna lainnya. Seperti bakpia, sekarang geplak juga sudah tersedia berbagai rasa seperti coklat, nangka, durian, ataupun vanila.

Yangko

yangko jogja

Yangko

Dan oleh-oleh terakhir yang wajib dibawa adalah Yangko. Makanan yang terbuat dari bahan tepung ketan ini juga banyak diminati para wisatawan. yangko memiliki kekhasan rasa dan rasa manis yang dominan. Bentuknya yang kecil dan kenyal membuat kita tidak cepat ketika memakannya. Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan khas kotagede. Dulunya yangko ini berisi campuran cincangan kacang dan gula. Namun dengan semakin banyaknya rasa baru, rasa asli yangko pun tersamarkan. Yang sekarang malah dominan dengan rasa manis.

Itulah 3 Oleh-oleh wajib yang patut dibawa ketika kamu selesai berlibur di Jogja. Setelah liburan kesana kemari ke Jogja, maka jangan lupa untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Dan mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang oleh-oleh ini, tapi apa kah kamu pernah mencobanya?

Dan jika iya, kamu juga bisa memberikan rekomendasi tempat membeli oleh-oleh di Jogja yang menurut kamu asik.

Yuk share cerita liburanmu di Jogja istimewa ini!

Silahkan berkomentar

  • Martini
    Balas

    Biasanya oleh oleh dari jogja selain yang disebut di atas, saya beli kaos khas jogja… ga usa sebut namanya pasti udah tau khan ???
    🙂

    • Admin

      hehe, betul sekali pak Martin. kaos jg bisa jadi salah satu oleh-oleh kalo liburan ke Jogja. 😀

  • Vian
    Balas

    Untuk food biasanya ane beli bakpia, yang dua itu ane baru tw nama makanan tsb. Selain itu yang ane beli biasanya pakaian / celana khas jogja N souvenir khas jogja.

  • Winny
    Balas

    biasanya beli batik sama sendal yg khas sana di malioboro..

  • Novi Rahayu
    Balas

    Tas DOWA model nya keren