Dahulu olahraga outdoor arung jeram nampaknya hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja, namun kini olahraga arung jeram nampaknya semakin membumi. Dengan makin berkembangnya teknologi keselamatan dan kualitas skill pemandu arung jeram, kini orang awam yang belum pernah sekalipun bermain arung jeram dapat menikmati wisata petualangan ini. Sungai Elo yang berlokasi di Magelang terkenal sebagai salah satu arena arung jeram yang ‘friendly’. Arus yang tidak terlalu besar dan tingkat kesulitan yang juga tidak terlalu tinggi menjadikan Sungai Elo sebagai sungai arung jeram untuk pemula atau wisatawan yang ingin mencicipi serunya mengayuh perahu karet di tengah derasnya air sungai.

Sungai Elo secara lebih terinci berada di Magelang, Jawa Tengah, tak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Apabila perjalanan ditempuh dari Kota Yogyakarta memerlukan waktu sekitar 45 menit – 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pengunjung pun dapat menggunakan kendaraan umum Yogyakarta – Magelang yang diteruskan dengan ojek setempat. Untuk reservasi olahraga air Arung Jeram didapatkan dengan menghubungi langsung operator arung jeram yang bersangkutan. Namun, apabila memerlukan bantuan untuk mempermudah reservasi, Labiru Tour dapat membantu pengunjung dalam hal ini. Pengunjung tidak akan direpotkan oleh hal-hal yang bersifat administratif.

arung jeram elo

Liburan Di Magelang

paket wisata sungai elo

Serunya Arung Jeram Sungai Elo

Konsep arung jeram di Sungai Elo ini adalah fun rafting. Maka tak perlu takut atau cemas memikirkan bahwa bermain arung jeram itu sulit dan membuat tubuh lebam-lebam. Arung jeram di Sungai Elo justru menyenangkan dan memuaskan. Banyak operator yang telah memiliki skipper (juru kemudi) bersertifikasi sehingga pengalaman arung jeram anda terjamin keselamatannya. Selain itu, skipper arung jeram pun dengan senang hati memberikan kejutan-kejutan di sepanjang perjalanan arung jeram dari mulai start point di Desa Blondo dan finish point di Desa Mendut. Pengarungan ini berlangsung sekitar 2-3 jam. Selama pengarungan banyak spot menarik di Sungai Elo, ada bagian-bagian sungai yang memang berjeram sehingga ketika melewatinya akan mengalami adrenaline rush. Di sisi lain, ada bagian sungai yang sangat tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Di bagian yang lain pemandangan sungai sangat indah, sehingga sambil mengayuh perahu pengunjung akan takjub memandang ke arah panorama tersebut.

Sebagian besar jasa operator arung jeram Sungai Elo sangat mengutamakan keselamatan. Hal ini terlihat dari fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung, berupa asuransi keselamatan, perahu karet (sesuai standard dan sudah dicek keamanannya), pelampung, helm, skipper, dan terdapat pula rescue team yang menjamin keselamatan pengunjung. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu briefing singkat seputar Sungai Elo dan olahraga arung jeram, serta pemanasan sebelum menuju ke start point. Bagi pengunjung yang berminat menginap setelah arung jeram terdapat pula penginapan di sekitar Kota Magelang yang harganya terjangkau. Tunggu apalagi para petualangan? Arung jeram di Sungai Elo wajib berada di daftar teratas list liburan Anda.

Silahkan berkomentar