Wisatawan alam seperti tidak pernah ada habisnya, terlebih di Indonesia yang banyak dari wilayahnya juga belum tereksplorasi. Masih banyak lokasi-lokasi remote yang jauh dari jangkauan manusia yang ternyata memiliki keindahan yang tak ada duanya. Belakangan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sedang ramai menjadi perbincangan sebuah curug yang eksotis. Kini, curug tersebut sedang menjadi primadona wisata bagi masyarakat sekitar dan tak jarang ada pula wisatawan dari luar kota yang mampir dan sejenak melepas penat di tempat ini. Curug Banyunibo namanya, letaknya di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Untuk menuju ke lokasi ini diperlukan kendaraan pribadi karena letaknya memang agak melosok masuk ke dalam hutan desa. Meski akses belum begitu baik, ternyata tidak mengecilkan hati para pengunjung yang berniat datang untuk melihat curug ini.

curug banyunibo

curug banyunibo

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi curug berada. Curug Banyunibo yang baru saja tereksplorasi belakangan ini merupakan salah satu tempat wisata baru yang wajib Anda kunjungi apabila mampir ke Yogyakarta. Terletak di dekat Desa Wisata Krebet dan Curug Pulosari yang lebih dahulu terkenal, mengakses lokasi ini sebenarnya susah-susah gampang. Mengapa sulit? Karena medan jalanan yang belum teraspal sepenuhnya, masih berbatu-batu dan tanah. Jalannya pun kecil sehingga agak merepotkan untuk kendaraan beroda empat. Namun, jangan khawatir karena warga desa sini cukup kooperatif, apabila Anda bertanya mengenai lokasi curug, warga tidak segan akan memberitahu dengan jelas. Karena masih pengembangan, curug ini belum memiliki lokasi parkir yang bagus dan luas, parkir kendaraan di halaman rumah warga yang sudah terkoordinasi.

Berjalan sedkit menuju tempat Curug Banyunibo berada, pengunjung akan disambut dengan pemandangan hijau hutan dengan pepohonan yang cukup rindang. Untuk jalan setapak ini sudah berupa semen cor, jadi sudah cukup nyaman. Tidak lama, di balik pepohonan rindang tersebut, pengunjung akan melihat batuan karst yang terjal dan dialiri aliran air deras, nah, inilah Curug Banyunibo itu. Curug Banyunibo ini unik, alih-alih mengucur deras dari atas tebing, curug ini terlihat seperti mengalir di bukit batu karst ini. Pemandangan ini lah yang membuatnya menjadi ikonik dan fotogenik. Dilatarbelakangi hutan dengan berbagai pohon semakin memperindah tampilan curug ini. Bagi pengunjung yang penasaran dengan bagian atas curug ini, pengunjung dapat memanjat bukit batu tersebut, hanya saja butuh kehati-hatian yang ekstra. Di bawah aliran air, ada genangan seperti kolam yang aman untuk dipakai berenang. Suasana yang teduh dan masih asri memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung curug ini, tenang dan damai.

Apabila Anda ingin melakukan perjalanan berpetualang ke Curug Banyunibo lakukanlah ketika musim penghujan karena debit air lebih banyak, namun harus berhati-hati di jalanan karena mungkin akan becek dan licin. Curug Banyunibo cocok dikunjungi baik pagi, siang, maupun sore, karena suasananya sejuk dan matahari tidak menyengat. Lakukan reservasi wisata Anda di Labiru Tour. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi hotline dan media sosial kami. Selamat berpetualang.

Silahkan berkomentar