Gunung Kidul Yogyakarta memang terkenal dengan wisata pantai yang indah dan menakjubkan. Tapi kali ini para wisatawan juga harus tahu kalau Gunung Kidul juga punya wisata air terjun yang tak kalah saing dengan keindahan pantai-pantainya, namanya air terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk ini berada di daerah desa wisata Bleberan, padukuhan Menggoran, kecamatan Playen, Gunung Kidul. Untuk dapat menuju ke lokasi wisata Sri Gethuk, kita akan melewati hutan kayu putih milik Perhutani. Saat hutan kayu putih berlalu kita masih harus melewati ladang jati yang rimbun.

air terjun sri gethukBegitu tiba di dusun Menggoran, ada 2 alternatif untuk menuju lokasi air terjun Sri Gethuk, yaitu menyusuri sungai Oyo dengan menggunakan perahu atau berjalan kaki melewati pematang sawah. Harga tiket masuk ke wisata ini cukup dengan Rp. 5.000,00 per orang. Jika ingin menggunakan fasilitas perahu kita harus membayar Rp. 10.000,00 per orang dewasa dan untuk anak-anak Rp. 3.000,00. Air terjun Sri Gethuk ini dulunya merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan kethuk, salah satu instrumen gamelan , milik Jin Anggo Meduro.

sri gethukTempat wisata air terjun Sri Gethuk sangatlah indah karena air terjun ini mengalir diantara celah 2 tebing kapur khas pegunungan karst yang terkenal kering dan gersang, dengan ketinggian tebing hingga 50 meter. Air terjun Sri Gethuk selalu mengalir setiap musim, bisa jadi disebabkan karena air terjun Sri Gethuk ini berasal dari 3 sumber mata air yang cukup besar, yaitu sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Susunan bebatuan kapur yang berundak terlihat terang dan bersinar karena dialiri oleh derasnya aliran air. Kita bisa menikmati sensasi pijatan sekitar pundak dan punggung di bawah aliran air terjun yang deras. Berenang pun menjadi pilihan yang tak kalah menyenangkan, bagi yang belum pandai berenang jangan khawatir karena di sana ada tempat penyewaan pelampung.

Duduk bersantai sambil merendamkan kaki ke dalam sungai dengan menikmati keindahan alam, rasanya sungguh damai. Wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas warung makan sederhana. Ada juga kios jajanan yang menjajakan makanan tradisional khas Gunung Kidul seperti gathot dan juga tiwul.

Silahkan berkomentar