Berburu kerajinan di daerah Bantul adalah pilihan yang tepat. Coba saja kunjungi Pasar Seni Gabusan, dijamin wisata belanja Anda akan berkesan. Rasanya memang tidak terlalu berlebihan kalau Pasar Seni Gabusan cukup banyak dikenal di kalangan wisatawan. Pusat penjualan barang-barang hasil kerajinan dari seluruh daerah Bantul yang resmi didirikan tahun 2004 ini diisi oleh 400 lebih pedagang yang menempati enam belas los. Bahan dasar yang dipakai untuk membuat kerajinan beraneka ragam, mulai dari kulit, logam, kayu, tanah liat, hingga eceng gondok. Nah, untuk memudahkan pengunjung, keenam belas los yang ada dikelompokkan sesuai dengan jenis kerajinannya. Misalnya, los 1 sampai 3 diisi oleh kerajinan berbahan dasar kulit yang menghasilkan kerajinan berupa tas, dompet, sandal, wayang, hingga kaligrafi. Sementara los 8 menawarkan hasil kerajinan berupa barang-barang seperti hiasan meja, tempat lilin, dsb. Oiya, selain belanja, di Pasar Seni Gabusan ini juga kita bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat seperti workshop membatik.

pasar seni gabusanSisi lain yang juga tak kalah menarik dari Pasar Seni Gabusan adalah arsitekturnya yang dibuat artistik. Meskipun melibatkan arsitek dari luar negeri, konsep bangunannya tetap menonjolkan arsitektur lokal. Di tempat ini para wisatawan dan pengunjung juga diberi banyak kemudahan, seperti adanya pusat informasi yang dengan mudahnya membantu kita untuk mengetahui segala jenis produk, harga, serta los yang menjualnya. Ditambah lagi dengan adanya akses internet yang bisa digunakan secara cuma-Cuma. Waaah, asyik kan berburu kerajinan di tempat ini?

Nah, bagi kalian yang tertarik mengunjungi Pasar Seni Gabusan tak perlu khawatir dengan akses transportasi yang jauh dan melelahkan karena akses ke tempat ini sangat mudah. Pasar Seni Gabusan yang berlokasi di Jalan Parangtritis KM 9,5 Desa Gabusan, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Jogja. Happy Hunting, people!

Silahkan berkomentar