Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta sepertinya tidak habis-habisnya mengeksplorasi berbagai potensi desa-desanya. Telah kita dengar, Desa Wisata Kasongan dengan kerajinan tanah liatnya, Desa Wisata Manding dengan kerajinan kulitnya, beberapa desa wisata ini nampaknya membuat imej bahwa masyarakat Bantul adalah masyarakat kreatif yang tidak ada habisnya belajar dan berkembang. Satu lagi desa wisata yang membuat penasaran para pelancong adalah Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet yang terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Hanya 12 kilometer saja jaraknya dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi (tidak ada angkutan umum ke daerah ini). Apa yang menjadi keistimewaan desa ini?

Telah banyak kita ketahui bahwa batik itu adalah sebuah kain, nah dengan mengunjungi Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet maka pengunjung akan disuguhkan oleh bentuk lain dari batik. Para warga di Desa Krebet menggunakan media kayu sebagai media membatik. Hasilnya? Mencengangkan, sangat cantik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Kerajinan membatik kayu ini memang hanya dapat ditemukan di Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet. Benda-benda produksi hasil karya tangan-tangan kreatif warga Desa Krebet antara lain adalah, topeng, wayang, patung, aksesoris rumah tangga, hingga lemari. Hasil karya ini tidaklah dicetak menggunakan mesin, semua dilakukan dengan membatik manual seperti lazimnya membatik di media kain, indah bukan? Keindahan dari batik kayu ini telah terkenal hingga mancanegara. Para pengrajin selain menjualnya di galeri di Desa Krebet mereka juga telah memasarkan produk ke beberapa negara di luar negeri sana, menurut warga sekitar hasil karya mereka telah mejeng di toko-toko souvenir di benua Asia dan Eropa.

batik kayu bantul

batik kayu bantul

Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet

Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet

Dahulu masyarakat Desa Krebet bekerja sebagai petani, namun karena tanah yang tandus dan minim air, hasil tani tidaklah memuaskan sehingga membuat masyakarakatnya mencari pekerjaan lain, hingga ditemukanlah seni membatik kayu ini. Batik kayu yang kini menjadi kekhasan dari Desa Krebet merupakan industri rumahan yang memiliki omzet hingga ratusan juta sebulannya. Pengunjung yang datang ke Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet selain berbelanja, juga dapat menikmati proses pembuatan batik kayu dari awal pembuatan pola hingga pewarnaan. Apabila berminat, pengunjung juga bisa mencoba membatik di atas kayu ini. Desa Krebet ini juga dekat dengan beberapa lokasi wisata khas Bantul yaitu Gua Selarong, Curug Pulosari, dan Curug Banyunibo, sehingga dapat dijadikan satu paket wisata. Informasi, untuk mengunjungi Desa Wisata Kerajinan Batik Kayu Krebet tidak dikenakan biaya apapun selain biaya parkir.

Labiru Tour and Travel menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan Anda, dari akomodasi, transportasi hingga ticketing lokasi wisata. Apabila Anda ingin mengeksplorasi sisi lain dari Yogyakarta dengan mengunjungi Bantul, kami sangat siap membuat paket khusus wisata Bantul dengan harga yang terjangkau. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Don’t miss it!

Silahkan berkomentar