Setelah puas berbelanja di Malioboro, kita bisa mengajak putra-putri kita ke Taman Pintar yang lokasinya berada di sebelah barat jalan Malioboro. Salah satu wahana pendidikan yang terletak di pusat kota Yogyakarta beralamatkan di jalan Panembahan Senopati 1-3. Taman Pintar ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan liburan anak dengan hal yang bermanfaat, karena di sana mereka bisa bermain sambil belajar. Tak hanya untuk anak-anak, bagi orang dewasa pun bisa berkunjung ke tempat ini untuk menambah pengetahuan.

taman pintar yogyakartaBangunan yang mulai dibangun tahun 2003 ini terdiri dari ruang Playground, Gedung Heritage, Gedung Oval dan Gedung Kotak. Playground sebagai area penyambutan dan ruang publik bagi pengunjung dilengkapi dengan wahana permainan, seperti rumah pohon, air menari dan parabola berbisik. Pada Gedung Heritage terdapat Zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dikhususkan untuk anak-anak berusia 2-7 tahun, terdiri dari ruang sains dan teknologi, perpustakaan, ruang profesi dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk masuk ke Zona PAUD ini dikenakan tarif Rp.2.000,00 per anak.

taman pintar jogjaDi Gedung Oval terdiri dari zona pengenalan lingkungan dan eksebisi ilmu pengetahuan, zona pemaparan, sejarah serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk masuk ke Gedung Oval ini, anak-anak hanya harus membayar Rp. 5.000,00 dan untuk orang dewasa Rp.10.000,00. Bioskop 4 dimensi dapat kita jumpai di Gedung Kotak yang bisa kita nikmati bersama keluarga, cukup dengan membayar Rp. 15.000,00 per orang untuk menonton satu film.

Taman Pintar memberikan fasilitas toko souvenir, food court, mushola, ruang pameran dan audiovisual, alat peraga iptek interaktif dan pusat informasi. Anda dapat mengunjungi Taman Pintar pada hari selasa-minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Hari senin tutup kecuali hari libur nasional dan musim libur sekolah tetap buka. Tarif harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 8.000,00 dan dewasa Rp. 15.000,00.

Silahkan berkomentar