Wisata pantai adalah primadona wisata daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Yogyakarta tapi belum sempat mampir ke pantai-pantai yang berada di daerah paling selatan dari provinsi ini. Pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Tak ada pantai yang serupa atau mirip. Pemandangan yang disajikan pun spesial. Salah satu pantai perawan yang belum lama ini menjadi bahan pembicaraan para pelancong adalah Pantai Wedi Ombo. Pantai Wedi Ombo ini masih asri dan tidak terlalu ramai.

pantai wedi ombo

Pantai Wedi Ombo

Dari namanya, Wedi Ombo berarti pasir yang luas (Bahasa Jawa, Wedi = pasir, Ombo = Luas). Sepanjang mata memandang, daratan pasir di pantai ini memang luas memanjang di bibir pantai. Warna pasir pantai yang putih menambah kecantikan di pantai ini. Ombak pantai yang besar sangat cocok sebagai media bermain papan selancar (surfing). Bagi pengunjung yang gemar memancing, rasakan sensasi memancing di sini, dengan duduk di atas karang menikmati angin dan udara pantai, rileks dan menyenangkan. Tak jauh dari pantai terdapat bukit hijau yang mempercantik pemandangan di sekitar pantai. Di sisi seberangnya, terdapat gundukan-gundukan batu karang berbagai ukuran yang dapat menjadi obyek fotografi yang unik.

Bentuk pantai yang mirip teluk ini memang cantik, sesampai di lokasi parkir pantai, pengunjung harus sedikit berjalan kaki menuruni tangga-tangga dari tanah dan semen. Jadi pantai ini memang agak menjorok ke bawah. Apabila pengunjung sedikit menginginkan petualangan yang berbeda dari biasanya, cobalah menyusuri bibir pantai yang berkarang. Pengunjung akan menemukan spot-spot berendam yang mirip laguna dan ada pula batuan karang yang bukannya tidak mungkin dijadikan tempat untuk olahraga panjat tebing. Di situ juga terdapat banyak burung laut dan tak jarang kita juga melihat beberapa nelayan duduk di atas karang menunggu hasil tangkapan.

keindahan pantai wedi ombo

Hamparan pasir di Pantai Wedi Ombo

jalan menuju pantai wedi ombo

Pantai Wedi Ombo 2

Dimanakah persisnya letak pantai indah ini? Pantai Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, kecamatan Girisubo yang jaraknya 40 km dari pusat kota Wonosari. Apabila perjalanan dari Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor (baik motor maupun mobil) sekitar 1,5-2 jam. Pengunjung diharap agak berhati-hati ketika berkendara dari Yogyakarata menuju Wonosari , karena meskipun jalanan beraspal namun kontur jalan berkelok-kelok dan ramai sekali oleh kendaraan pribadi dan umum. Lalu di perjalanan dari Wonosari ke pantai cenderung lancar dan sepi. Jalanan juga bagus, bukan jalanan desa yang berbatu. Di jalan, pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan kapur khas Gunung Kidul yang juga menyegarkan mata.

Pantai Wedi Ombo memang berlokasi jauh dan agak terpencil namun jangan salah kira apabila di sini tak ada fasilitas. Di sekitaran pantai sudah tersedia warung makan, mushola, MCK umum, dan penginapan sederhana. Jadi pengunjung tak usah lagi merasa khawatir untuk beristirahat atau membersihkan diri. Warung makan di sini juga cukup terjangkau harganya dan pilihannya lumayan variatif, dari mulai mie instant sampai ikan goreng/bakar.

Labiru Tour menyediakan tur lengkap wisata pantai Gunung Kidul dan sekitarnya. Kami dapat membantu Anda mulai dari persiapan perjalanan sampai dengan keberangkatan. Jangan tunggu terlalu lama segera hubungi kami, Pantai Wedi Ombo menunggu Anda!

Silahkan berkomentar