Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Ratu Boko, nama-nama tersebut sudah sangat familiar didengar oleh para penggemar jalan-jalan atau travel-junkie. Yogyakarta dan sekitarnya memang sangat kaya dengan peninggalan candinya. Candinya mulai dari yang sangat besar hingga yang kecil-kecil tersebar ke seluruh penjuru kota. Salah satu candi menarik yang walaupun namanya tidak se-terkenal candi-candi yang lain yaitu Candi Barong. Candi Barong dinamakan demikian karena di beberapa sisinya terdapat hiasan-hiasan berupa singa (barong). Barong ini seolah-olah menjadi maskot bagi candi ini karena jarang ditemui di ukiran atau hiasan di candi lainnya.

1336493288189315823

Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, Dusun Candi Sari, Desa Sambisari, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari Candi Prambanan tidak terlalu jauh jaraknya sekitar 3 – 4 KM saja. Waktu penempuhan apabila ingin mengunjungi candi ini 30 menit dari pusat kota. Untuk menuju ke sini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, karena walaupun terletak strategis di pinggir jalan namun dari shelter busway terdekat masih agak jauh, sedangkan jarang ojek atau angkutan umum tradisional lain yang melintas. Untuk memasuki kawasan candi tidak ditarik biaya apaun, alias gratis. Yang perlu dilakukan pengunjung ketika berkunjung hanya mengisi buku tamu dan menyapa kepada petugas keamanan saja. Sumbangan sukarela untuk pengembangan candi dipersilahkan.

CB6

Area Candi Barong cukup luas, candinya sendiri berdiri di tengah hamparan rumput hijau. Cukup nyaman halamannya untuk dijadikan tempat duduk-duduk dan mengobrol. Candi Barong ini secara bangunan terlihat seperti gerbang. Karena di atas pelatarannya yang berbentuk persegi panjang terdapat tiga buah candi kecil yang sekilas seperti menara. Bercorak agama apakah candi ini? Candi in bercorak agam Hindu. Candi ini dibangun pada abad 9 dan 10, di jaman Kerajaan Medang periode Mataram. Candi ini dibangun dengan tujuan tempat ibadah penyembahan kepada Dewa Wisnu dan istrinya yaitu Dewi Laksmi (atau biasa disebut Dewi Sri). Dahulu konon tanah di daerah ini kurang subur, sehingga dibangun sebuah tempat ibadah untuk menyuburkan tanah ini.

candi-barong3

Candi Barong ini ditemukan oleh orang Belanda yang ketika itu mau memperluas wilayah pabrik gula pada tahun 1913. Lalu setelah reruntuhan ini ditemukan, maka dilakukan penggalian dan restorasi, sampai akhirnya dapat kita lihat bentuk candi yang seperti sekarang ini. Ada beberapa peninggalan yang cukup penting ditemukan ketika penggalian dan pemugaran candi yaitu arca Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi, selai itu ditemukan pula arca Ganesha dan peripih berbentuk kotak. Di dalam peripih ini terdapat lembaran-lembaran perak dan emas yang sampai dengan sekarang masih menjadi misteri apa isi tulisannya. Tak jauh dari letak penemuan peripih tersebut juga terdapat beberapa peralatan rumah tangga seperti mangkuk, sendok, guci, dan mata panah.

Keindahan Candi barong ini cocok dilihat baik pada waktu pagi hari maupun sore hari. Ketika siang hari matahari cukup terik, maka disarankan waktu kunjungan tidak pada ketika matahari sedang tinggi-tingginya. Tentukan segera jadwal liburan Anda untuk mengunjungi Candi Barong, segera hubungi Labiru Tour untuk paket wisat dan keterangan lebih lanjut. Selamat liburan selamat berpetualan!

Silahkan berkomentar