Jika sekarang kita hanya mengenal candi Borobudur, Candi Prambanan, dan candi Ratu Boko. Sebenarnya masih ada candi lain yang keindahannya tidak kalah indah dengan ketika candi tersebut. Jika Anda pernah mengunjungi candi Ratu Boko, maka cobalah berjalan kea rah selatan komplek candi Boko. Disana Anda akan melihat masih banyak candi lainnya yang bertebaran dengan indah dan gagahnya. Salah satu dari candi tersebut adalah Candi Ijo.

Keberadaan Candi Ijo memang belum banyak menjadi perbincangan di kalangan wisatawan. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Tapi tahukan Anda bahwa candi Ijo ini merupakan candi yang letaknya tertinggi di daerah istimewa Yogyakarta disbanding candi lainnya.

candi dengan lokasi tertinggi di jogja

Candi Ijo

Candi ini dibangun sekitar abad ke-9, berlokasi di Bukit Hijau atau biasa disebut Gumuk Ijo. Lokasi ini ketinggiannya sekitar 410 meter diatas permukaan laut. Dan dari ketinggian ini lah kita bisa melihat bagaimana indahnya alam Indonesia terutama Candi Ijo di Yogya ini.

Bukan hanya Candi yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung kesini. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, Anda juga bisa menikmati indahnya alam disekitar kawasan Candi. Walaupun tidak tergolong kawasan yang subur. Tapi pemandangan disekitar masih bisa kita nikmati keindahannya.

candi ijo

Keindahan Candi

Struktur bangunan Candi Ijo ini ada sekitar 17 bangunan. Dimana bangunan ini terbagi menjadi 11 teras berundak. Teras pertama merupakan pintu masuk, dan teras ke-11 merupakan pagar keliling. Dan disetiap teras candi ini mempunyai kesakralan tersendiri.

Itu baru kemegahan dari segi struktur bangunan, di Candi ini juga terdapat arca yang menggambarkan sosok perempuan dan laki-laki yang melayang.

Jika Anda berjalan kea rah barat candi. Disana juga Anda dapat menikmati pemandangan yang tidak bisa Anda lihat di candi lainnya yaitu melihat pesawat yang take off dan landing di Bandara Adisutjipto. Karena candi ini pulah lah alasan kenapa bandara adisutjipto tidak bisa diperluas ke arah timur.

Dan masih banyak lagi keindahan dan kemegahan candi Ijo yang bisa Anda saksikan. Sebaiknya Anda bergegas menyiapkan trip / perjalanan Anda ke candi yang satu ini. Agar Anda lebih mengenal bagaimana wisata candi di Kota Jogja. 🙂

2014-08-23T12:31:39+00:00″>

Silahkan berkomentar