Kebanyakan candi-candi di daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebar di wilayah Kalasan Sleman, Jalan Jogja-Solo, dan Prambanan. Namun, pada tahun 1982 ditemukan sebuah candi yang lokasi agak berbeda dari teman-temannya yang lain. Candi yang diberi nama Candi Morangan ini terletak di dekat Kali Gendol, sebuah kali (kini kali tersebut sudah tertimbun oleh material vulkanik dari Gunung Merapi) yang terletak di daerah Ngemplak, sudah dekat sekali posisinya dengan Gunung Merapi. Bisa dibilang Candi Morangan ini terletak di lereng gunung aktif tersebut. Ketika ditemukan candi terkubur sedalam 6,5 meter di bawah tanah, dari eksplorasi purbakala ditemukan bahwa candi ini terdiri dari dua bangunan yaitu candi induk dan candi perwara.

candi morangan

candi morangan

candi morangan

candi morangan

Candi Morangan hingga kini masih dalam tahap penggalian, tapi bukan berarti tidak dapat dikunjungi. Justru ketika di tahap inilah yang menjadi daya tarik dari Candi Morangan ini, karena pengunjung dapat sembari belajar mengenai asal mula dan struktur dari candi ini. Selain itu dengan dikunjungi juga dapat mendukung upaya penggalian dan pemugaran. Jangan kaget apabila masih banyak melihat bebatuan berserakan di halaman kompleks candi. Candi Hindu ini konon dibangun pada abad ke 9 dan ke 10 pada jaman Mataram Kuno. Dari penemuan candi, terdapat beberapa arca yoni dan patung resi, kini arca dan patung-patung ini telah dipindahkan ke tempat yang aman dari pencurian. Dari struktur bangunannya, diperkirakan candi ini berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 7,95 m x 7,95 m dan memiliki selasar yang lebar sekitar 90 m. Candi induknya terdiri atas kaki, badan, dan atap. Relief di candi ini terkait erat dengan kisah Tantri Kamandaka, dimana ada seekor harimau yang tertipu dengan seeekor kambing, relief ini unik karena sebelumnya relief ini hanya bisa ditemukan di candi-candi yang bernafaskan Buddha.

Upaya ekskavasi terhadap candi ini masih dilakukan hingga kini, mengunjungi candi yang sedang dipugar akan menjadi kenangan tersendiri, banyak hal yang dapat kita peroleh daripada sekedar berfoto-foto saja. Candi Morangan menarik bukan? Untuk mengunjungi candi ini tidak dikenakan biaya, untuk akses transportasi membutuhkan kendaraan pribadi. Jalan menuju candi sudah cukup jelas petunjuk arahnya, apabila ditempuh dari pusat wisata Malioboro membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi. Membutuhkan acuan dan informasi lebih lanjut? Hubungi Labiru Tour saja, kami dapat membantu Anda untuk akomodasi dan transportasi. Di daerah situs candi banyak penginapan karena dekat juga dengan wisata lainnya seperti lava tour, Museum Ullen Sentalu, Kali Gendol, dan kawasan wisata Kaliurang. Kami tunggu kehadiran Anda di Yogyakarta!

Silahkan berkomentar