Berwisata sambil mengenal sejarah di candi Prambanan atau yang biasa disebut juga candi Roro Jonggrang. Lokasinya berada di desa prambanan , kurang lebih 17 km dari kota Yogyakarta ke arah timur arah jalan Solo. Letaknya yang sangat strategis dapat di jangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Harga tiket masuk sebesar Rp. 30.000,00 untuk wisatawan lokal dan $18 untuk wisatawan asing.

candi prambanan

Prambanan merupakan candi Hindu terindah di Asia Tenggara. Di bangun pada abad ke 9 masehi saat masa pemerintahan raja Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Bangunan candi Prambanan ini setinggi 47 meter, 5 meter lebih tinggi dari candi Borobudur. Di halaman utama, terdapat 3 candi utama dari Candi Prambanan yaitu candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Ketiganya merupakan lambang dari Trimurti, dalam kepercayaan agama Hindu Wisnu sebagai dewa pemelihara, Brahma sebagai dewa pencipta, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Di candi Prambanan terdapat relief yang ukiran-ukiranya menceritakan kisah Ramayana. Relief lainnya yang ada di candi ini adalah relief Kalpataru. Relief Kalpataru ini digambarkan berbentuk pohon Kalpataru yang mengapit seekor singa. Keberadaan relief pohon Kalpataru ini membuat para ahli sejarah menganggap bahwa masyarakat pada masa ke 9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungan hidup, karena pohon Kalpataru dalam agama Hindu ini dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Kini Kalpataru di Indonesia digunakan sebagai penghargaan bagi seseorang yang dianggap berjasa bagi keberadaan lingkungan hidup.

Bila kita amati lebih cermat ada juga relief burung di candi Prambanan ini. Ukiran-ukiran relief burung ini begitu nyata sehingga para ahli biologi dapat mengidentifikasikannya sebagai relief burung Kakatua Jambul Kuning. Relief burung Kakatua Jambul Kuning ini banyak menimbulkan pertanyaan, karena keberadaan Kakatua Jambul Kuning ini hanya dapat ditemukan di pulau Masakambing yang merupakan sebuah pulau di tengah Laut Jawa.

Di wisata ini terdapat fasilitas kereta mini yang bisa kita gunakan untuk berkeliling sambil menikmati keindahan di kawasan candi Prambanan. Atau jika Anda ingin berwisata di Jogja dan ingin mengunjungi Candi Prambanan ini, Anda bisa mengikuti Paket Wisata Jogja yang diadakan oleh kami. Silahkan kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan berkomentar