Berwisata dapat dilakukan tidak hanya ke tempat-tempat yang bersejarah dan hasil karya alam. Beberapa lokasi dapat menjadi referensi perjalanan alternatif, seperti contohnya waduk. Waduk sendiri ialah danau buatan yang dibangun untuk tujuan penyimpanan air. Air di waduk ini nantinya dipergunakan sebagai cadangan apabila debit air yang biasa ada tiba-tiba menyusut, tetapi ada pula air waduk yang dipergunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Ukuran waduk yang luas dan seringkali bertempat di daerah yang berlembah atau berbukit memberi pemandangan yang indah. Kini pembangunan waduk tidak melupakan sisi keindahannya karena ternyata waduk ini dapat menjadi lokasi rekreasi dan temu sosial para warga masyarakatnya. Waduk kini dibangun dengan aspek estetika yang juga mengutamakan kenyamanan bagi para pengunjung.

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Di Yogyakarta, lebih tepatnya di daerah Condongcatur, Sleman terdapat sebuah waduk yang indah. Nama waduk ini adalah Embung Tambakboyo. Luas Embung Tambakboyo 7,8 hektar dan dapat menampung 400.000 m3 debit air. Jangan dibayangkan waduk ini seperti waduk-waduk lainnya yang terkadang membosankan, Embung Tambakboyo memiliki sejumlah fasilitas yang menunjang sarana rekreasi. Salah satunya yang cukup menjadi favorit adalah jogging tracknya yang panjang dan luas. Pagar waduk yang dicat warna kuning biru pun ikut menyemarakkan pemandangan sekitar embung. Waktu terbaik mengunjungi embung ini adalah ketika akhir pekan di pagi hari. Di hari inilah Anda dapat menikmati pagi hari yang berbeda dari biasanya. Anda bisa jalan-jalan, senam, jogging, dan bersepeda di wilayah embung. Selain itu bagi yang membawa anak-anak, bisa mengadakan acara piknik bersama. Bagi penggemar memancing, bawa alat pancing Anda, karena di embung ini terdapat banyak jenis ikan, seperti ikan wader, nila, lele, bahkan gurame.

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Fungsi utama dari Embung Tambakboyo seperti waduk-waduk lainnya yaitu sebagai sarana penampungan dan penyerapan air tanah. Namun, pengelola melihat potensi wisata di waduk ini sehingga pengembangan waduk juga mengikuti salah satu potensi ini. Salah satunya ialah hadirnya beberapa penginapan di sekitar waduk yang dapat menjadi salah satu pilihan akomodasi yang cukup menarik. Penginapan di sini harganya sangat terjangkau, beberapa malah memiliki kamar dengan bestview yang menghadap langsung ke waduk. Dapat dibayangkan alangkah indahnya menyambut pagi dengan pemandangan waduk langsung dari jendela kamar. Keberadaan waduk ini juga turut membangun perekonomian di sekitaran waduk, beberapa warung makan laris manis turut membantu para pengunjung untuk bersantap, harganya pun murah meriah.

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Waduk Tambakboyo, untuk mengunjunginya lebih baik memakai kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang melintas. Labiru Tour menyediakan penyewaan kendaraan baik mobil maupun motor. Selain itu, kami juga menyediakan voucher-voucher penginapan yang dapat membantu Anda untuk menghemat biaya akomodasi Anda. Ingin berwisata tetapi tidak ingin ribet? Labiru Tour menyediakan paket-paket wisata yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan hati. Kami tunggu kabar dari Anda segera.

Silahkan berkomentar