Membahas mengenai wisata di Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Kota klasik yang selalu dirindukan oleh para pengunjungnya ini menyimpan banyak sekali sejarah. Salah satu wisata sejarah sekaligus wisata alam yang ada di Yogyakarta yaitu Goa Selarong. Lokasi wisata ini berada di dukuh Kembangputih, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul. Sejarah yang ada di dalam wisata ini yaitu mengenai Pangeran Diponegoro.

Saat memasuki gapura, para pengunjung akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro. Patung Diponegoro ini berjubah hitam yang posisinya sedang menunggang kuda. Patung tersebut melambangkan perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro melawan tentara Belanda. Selain di gapura, ada juga patung Pangeran Diponegoro berjubah putih yang terletak di beberapa meter dari tempat parkir. Jarak dari tempat parkir ke pintu masuk wisata Goa Selarong tidak terlalu jauh, sekitar 100 meter saja, sehingga bisa dilalui oleh para pengunjung dengan berjalan kaki.

selarong caveLokasi parkirnya cukup luas, bisa menampung banyak kendaraan-kendaraan besar seperti bus. Tiket parkir untuk bus dan mobil sekitar Rp 5.000,00-10.000,00 sedangkan untuk sepeda motor cukup dengan Rp 2.000,00. Harga tiket masuk untuk wisata Goa Selarong rupanya cukup murah, hanya dengan Rp 2.250,00 kita bisa menikmati wisata alam sekaligus wisata sejarah tentang Pangeran Diponegoro.

Goa Selarong ini letaknya berada di pinggir perbukitan batu kapur, sehingga para pengunjung harus naik tangga untuk dapat mencapainya. Goa bersejarah ini berbentuk bukit batu dengan 2 buah lubang, dahulu kedua lubang tersebut digunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai tempat untuk bersembunyi saat melawan tentara Belanda. Di wisata ini terdapat 2 goa lainnya yang merupakan bagian dari Goa Selarong, yaitu Goa Kakung dan Goa Putri.

Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam
goa selarong
Bila musim hujan, para pengunjung bisa menyaksikan air terjun yang menghiasi lokasi wisata tersebut, jaraknya hanya beberapa meter dari gua. Saat menaiki tangga, di kanan kirinya terdapat gazebo dan area outbound untuk bermain anak-anak. Di lokasi wisata ini juga dapat kita jumpai dua buah sendang, yaitu sendang Manik Moyo dan Umbul Moyo. Di lokasi wisata juga tersedia fasilitas toilet dan masjid. Bila ingin membeli souvenir berupa patung primitive yang terbuat dari kayu, para pengunjung bisa membelinya di Sanggar Diponegoro dekat gapura masuk gua.

Silahkan berkomentar

  • Ika purwanti
    Balas

    Jam berapa tempat ini buka untuk umum

  • Akhmad Rifa'i Branwer
    Balas

    Pengen deh
    Ke sana bareng keluarga….
    Kpan yah biasanya ada acara adat, atau tradisi yg dilakukan di sana…..