Gua Maria ialah gua tempat berziarah bagi umat pemeluk agama Katolik. Biasanya ditandai dengan sebuah gua yang telah diberkati dengan patung Bunda Maria dan Yesus yang ditempatkan di gua tersebut. Salah satu ciri suatu tempat dijadikan Gua Maria yaitu keberadaan mata air yang tak pernah habis. Gua ini sangat ramai dikunjungi ketika Bulan Maria di bulan Mei dan Oktober. Tempat ziarah ini juga sarat dengan sejarah perkembangan agama Katolik di daerah tersebut. Gua Maria yang cukup disegani di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah Gua Maria Sendang Sono. Gua Maria ini sangat lekat ikatannya dengan peristiwa lahirnya Gereja di daerah tersebut yaitu di daerah Kalibawang, Kulon Progo. Di awal abad ke 19 air sumber mata air di Sendangsono inilah yang menjadi air baptisan bagi 173 orang Katolik di daerah tersebut.

6029528978_b2017612ca

Terletak di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sendangsono dapat ditempuh 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, diperlukan kendaraan pribadi. Kondisi jalan sangat bagus, ketika menanjak di perbukitan Menoreh, memang agak menanjak dan berkelok-kelok tapi tidak berbahaya. Sesampainya di lokasi ziarah, pengunjung akan disambut dengan gapura batu yang tinggi bertuliskan Selamat Datang di Sendang Sono. Di sepanjang jalan dari gapura menuju tempat ziarah, pengunjung dapat melihat-lihat toko souvenir yang menjual rosario, tempat air suci, berbagai patung keagamaan, dan pernak-perniknya. Di situ juga terdapat beberapa tempat makan yang terjamin kebersihannya.

Wisata-Rohani-Sendang-Sono

Sendangsono dibangun gotong-royong oleh warga masyarakat sekitar, penamaan Sendangsono ini lahir dari kata Sendang yang merupakan bahasa Jawa dari kata mata air, dan kata Sono yang merujuk pada sebuah pohon. Jadi secara literal dapat diartikan mata air yang berada di bawah pohon Sono. Sumber mata air ini pulalah yang konon digunakan dahulu kala oleh para Biksu yang melakukan perjalanan menuju ke Candi Borobudur. Lokasinya juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan para Biksu tersebut. Pembangunan Sendang Sono didesain oleh Romo Mangun. Romo Mangun lah yang merancang tempat ziarah ini menjadi unik, memiliki ciri khas, dan memiliki atmosfer yang nyaman untuk berdoa. Arsitektur dari Sendang Sono ini diganjar beberapa penghargaan internasional, mengukuhkan Sendang Sono sebagai lokasi berdoa yang cantik dan tak terlupakan.

Gua Maria Kerep Ambarawa (19) copy

Sepanjang jalan setapak menuju ke keberadaan gua. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon hijau, gazebo-gazebo kayu yang dapat dipergunakan sebagai tempat menginap, jembatan, kapel yang bentuknya mirip kastil, jalur jalan salib, dan makam Sarikromo. Karena keindahan dari Gua Maria Sendangsono ini, banyak orang yang menyebut Gua Maria ini sebagai Lourdes-nya Indonesia.

gua-maria-ambarawa

Gua Maria Sendang Sono terbuka untuk masyarakat umum, tidak terkecuali umat dari agama lain. Banyak orang mengunjungi lokasi ini untuk menikmati keheningan dan keindahan dari Gua ini. Tertarik dengan Gua Maria Sendang Sono, Labiru Tour dapat membantu Anda dalam paket wisata, akomodasi dan transportasi menuju tempat ini. Lengkapi liburan Anda dengan lokasi berziarah yang sarat sejarah dan pemandangan yang mempesona.

Silahkan berkomentar

  • corry wenas
    Balas

    mau tour ke sending Sono bagaimana caranya