Kabupaten Gunung Kidul memang penuh dengan kejutan. Tidak cukup dengan beragamnya pantai yang dimiliki serta keindahan bukit karst yang menjulang. Ternyata daerah yang terletak di timur Yogyakarta ini memiliki pesona lokasi yang tak kalah mempesonanya dengan lokasi primadona, seperti pantai atau bukit. Kabupaten Gunung Kidul juga kaya dengan gua-gua eksotis yang merupakan hasil proses batuan pegunungan kapur. Sebagian besar guanya dapat dimasuki oleh pengunjung tanpa harus memakai alat khusus. Lalu, gua-gua ini juga sarat sejarah dan ilmu pengetahuan. Salah satu gua di Gunung Kidul yang sedang naik daun ialah Gua Rancang Kencono. Gua ini terletak di Desa Bleberan.

goa_rancang_kencana_playen_yogyakarta-2

Kisah yang beredar di masyarakat mengenai Gua Rancang Kencono ini adalah konon gua ini adalah gua persembunyian dari para laskar Mataram yang berencana untuk mengusir penjajah ketika itu, Belanda, dari Kota Yogyakarta. Di gua ini tumbuh sebuah pohon yang sangat besar, bernama Pohon Kumpit. Menaungi dan meneduhi gua ini, seolah-olah melindungi dan menyembunyikan lokasi gua. Pohon Kumpit ini katanya berusia sekitar 2 abad, dan masih segar tumbuh sampai dengan sekarang. Tak jauh dari sini, pengunjung akan menemukan anak tangga, untuk melihat bagian dalama dari gua, pengunjung tinggal turun saja dari anak tangga ini. Di dalam gua akan terlihat seperti ruangan kosong yang luas (pelataran) yang memang sangat cocok untuk dijadikan lokasi pertemuan dan rapat.

2012-11-18 10.57.11

Di bagian atas gua terdapat stalaktit yang usia nya juga diperkirakan sudah ratusan tahun, menggantung mempercantik interior dari gua. Di satu sisi gua terdapat celah kecil yang apabila dimasuki, akan membawa pengunjung ke sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat lukisan bendera merah putih serta kata-kata penyemangat bagi para pejuang. Pelataran Gua Rancang Kencono dapat digunakan sebagai lokasi camping, bagi yang berminat dapat menghubungi bagian reservasi Desa Wisata Bleberan. Terdapat pula satu jalan kecil yang dapat menembus ke lokasi wisata lain dekat situ, yaitu Air Terjun Sri Gethuk, namun beberapa bagian gua sudah runtuh, sehingga tidak dapat dilalui.

goa-rancang-kencono-yogyakarta-2

 

 

Belum lengkap rasanya mengunjungi gua ini tanpa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk. Maka sangat disarankan bagi pengunjung untuk mengunjungi pula air terjun cantik Gunung Kidul ini. Jarak antara kedua lokasi wisata ini hanya 1 kilometer, dan masih dalam satu lokasi desa wisata. Paket Tour Jogja yang ditawarkan Labiru Tour memuat wisata Gunung Kidul lengkap. Angkat telepon Anda dan segera reservasi liburan berharga Anda hanya di Labiru Tour.

Silahkan berkomentar