Pertama kali mendengar nama Tengkleng Gajah yang tergambar di otak adalah mamalia besar pemakan rumput yaitu gajah. Tengkleng sendiri adalah tulang kambing muda yang masih tersisa daging-daging menempel di tulang tersebut, lalu dimasak dengan kuah mirip gulai tapi tidak se-kental gulai. Sekilas makanan ini memang mirip seperti masakan gulai dan mirip juga dengan masakah iga sapi. Kata ‘gajah’ sendiri menggambarkan ukuran tengkleng yang besar-besar dan porsinya juga besar. Jadi perlu diingat tengkleng gajah bukan berarti masakan tulang gajah, tapi ini tulang kambing muda dengan ukuran dan porsi yang besar.

Rumah makan Tengkleng Gajah ini terletak di daerah Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Tidak ada kendaraan umum untuk menuju ke sini, namun tidak terlalu sulit dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi. Paling mudah dicapai lewat pertigaan Jalan Kaliurang KM. 9, dari situ ikuti saja jalan besar, bertemu perempatan masih terus, sampai akan ditemukan di sebelah kanan sebuah joglo dengan plang nama besar Tengkleng Gajah Sari Roso Mulyo. Warung ini buka setiap hari jam 9 pagi sampai dengan 9 malam.

kuliner jogja

Tengkleng Gajah

Menu utama dari rumah makan ini memang tengkleng gajahnya, namun selain itu terdapat sate, gulai, dan tongseng yang tak kalah enak rasanya. Tengkleng gajah dapat dinikmati baik dengan kuah, ditongseng, maupun digoreng. Ketiga-tiganya enak dan membuat ketagihan. Dijamin sekalinya mencoba aka nada keinginan untuk kembali ke rumah makan ini lagi. Rasa gurih kaldunya meresap sampai ke tulang, tak salah apabila rumah makan ini selalu ramai dikunjungi ketika jam makan siang dan jam makan malam. Waktu terbaik mengunjungi rumah makan ini ialah di luar jam-jam makan utama tersebut, karena ramai antriannya cukup panjang dan agak lama.

Tengkleng gajah ini kaya dengan aroma rempah. Ketika dihidangkan, tengkleng masih hangat persis baru keluar dari panci. Kuah tengkleng rasanya mirip gulai dan kari. Cobalah untuk mencicipi kuahnya terlebih dahulu sebelum menambahkan garam atau merica tambahan. Rasa nya gurih sekali. Daging kambing yang masih menempel di tulang mudah dimakan, beberapa ada yang masih menempel tapi ada pula yang sudah lepas dari tulang. Teksturnya tidak keras, cenderung lunak dan mudah ditelan. Dagingnya juga berasa rempahnya sampai ke dalam. Bagi pecinta masakan Indonesia, tengkleng gajah ini benar Indonesia sekali.

Gurihnya Kuliner Jogja

Gurihnya Kuliner Jogja

wisata kuliner tengkleng gajah

Lokasi Tengkleng Gajah

Fasilitas dari rumah makan ini cukup lengkap, mulai dari tempat cuci tangan, toilet, tempat duduk dan lesehan, dan internet wi-fi gratis. Satu hal yang menyenangkan di sini adalah minumannya cukup variatif (mulai dari air putih sampai dengan jus buah-buahan) dan dapat mengambil nasi sesuka hati. Harga dari tengkleng gajah ini pun relative sesuai dengan besar porsi yang didapat. Apabila mau irit, sepiring tengkleng gajah bisa saja dibagi untuk dua orang. Namun, untuk makanan se-enak ini apa rela untuk dibagi-bagi?

Tak sabar untuk menikmati Tengkleng Gajah sebagai pelengkap liburan tak terlupakan? Segera reservasi liburan Anda di Labiru Tour, kami bersedia mengakomodasi seluruh kebutuhan liburan Anda, tidak sebatas pada obyek wisata wajib di Kota Yogyakarta saja, tapi wisata kuliner pun tidak boleh dilupakan.

Silahkan berkomentar