Mampir ke Yogyakarta untuk berwisata, tempat utama yang dikunjungi adalah lokasi yang berkaitan dengan budaya, entah itu keraton atau candi-candi. Untuk wisata alamnya jawaranya adalah pantai. Tak terhitung banyak pantai di Yogyakarta yang tiap pantainya memiliki cirri khas tersendiri. Namun, apakah ada yang menyangka bahwa di kota seni budaya ini terdapat hutan pinus yang teduh dan eksotis? Mungkin banyak yang bertanya, apakah itu di daerah Kaliurang? Kaliurang memang terkenal dengan suasana sejuk hutan pegunungan, namun hutan pinus misterius ini tidak terletak di Kaliurang. Hutan pinus ini bernama Hutan Pinus Dlingo, yang berlokasi di perbatasan antara daerah Imogiri dan Bantul.

Sepertinya tidak banyak orang yang tau mengenai tempat wisata yang satu ini. Padahal letaknya sangat dekat dengan Makam Raja-Raja Imogiri dan Taman Buah Mangunan. Tempat ini dapat dicapai dalam waktu 1 jam saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak terlalu jauh jaraknya dan aksesnya pun lancar, tidak macet. Jalanan sudah beraspal dan tidak rusak. Hanya saja memang rute perjalanannya agak berkelok-kelok. Namun hal ini akan terbayar ketika memasuki gerbang hutan pinus. Bau pohon pinus semerbak dan udaranya sangat sejuk. Bagi yang ingin melarikan diri dari rutinitas kota yang padat dan sibuk, ingin berada di suatu tempat yang damai dan hijau, Hutan Pinus Dlingo adalah jawabannya.

hutan pinus dlingo

hutan pinus dlingo

Hutan Pinus Dlingo bagaikan dunia yang lain, yang terpisah dari hiruk-pikuk perkotaan. Sehingga sangat cocok untuk melepaskan energi-energi negatif dan menyerap kembali energi positif yang bersumber dari alam. Lalu, pada saat hari-hari biasa hutan ini tidaklah ramai. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Hutan Pinus Dlingo. Seperti contohnya, berpiknik, pengunjung dapat membawa tikar dan makanan lalu menikmati santapan sembari bercengkrama di tempat ini. Selain itu pengunjung dapat games-games outbound di sini, bagi penggemar olah batin, yoga dan bermeditasi di hutan ini adalah pilihan yang baik. Untuk penggemar fotografi, tempat ini bagaikan surga untuk Anda, bagaimana tidak, pilar-pilar pohon yang tinggi menjulang membuat hasil foto Anda semakin ikonik. Hutan pinus ini belakangan jadi primadona foto pre-wedding, karena latar hutan pinusnya yang romantis sulit didapatkan di tempat lain. Bagi mahasiswa dan wisatawan berfoto di hutan pinus ini akan menambah koleksi liburan Anda dan pastinya membuat rekan-rekan Anda iri dan penasaran.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengunjungi Hutan Pinus Dlingo. Pertama adalah mohon jangan membuang sampah sembarangan, bagaimanapun sebagai pengunjung harus menghormati lokasi wisata. Bawalah selalu kantong plastik tambahan untuk membawa sampah Anda. Kedua, jangan bermain api, ingat bahwa ini adalah hutan yang padat pohon kayu yang mudah terbakar, tidak ingin kan wisata Anda berantakan hanya karena keteledoran bermain api di tempat yang tidak seharusnya. Ketiga, jangan melakukan vandalisme atau pengrusakan seperti contohnya mengukir nama di pohon pinus atau mencabut/merusak bagian pohon. Menjaga perilaku untuk melestarikan alam bukanlah hal yang sulit. Labiru Tour and Travel menyediakan jasa akomodasi Anda yang ingin mengunjungi Hutan Pinus Dlingo, segera saja hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan berkomentar