Ditengah kemajuan zaman dan pesatnya perkembangan kota Jogja. Ternyata tidak bisa menghilangkan mitor yang ada. Dan salah satu mitos yang menarik untuk dikulik adalah tentang mitos beringin kembar yang berlokasi di alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta.

Jika kamu berkunjung ke Jogja dan datang ke Keraton Yogyakarta, tentunya seru sekali melihat bagaimana keadaan keraton Yogyakarta. Tapi ada salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan setelah berkunjung ke Keraton Jogja. Kegiatan apa itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut. 🙂

Setelah selesai berkunjung ke keraton Jogja, coba pergi ke arah selatan. Nanti kamu akan menemukan Plengkung Gading yang menjadi pintu masuk Alun-alun Kidul atau biasa disebut alkid.

wisata jogja

Permainan Masangin

Alkid ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik siang ataupun malam. Baik itu wisatawan lokal maupun masyarakat sekitar. Alun-alun kidul memang tempat yang asik untuk dikunjungi.

Di tengah-tengah alun-alun kidul ini kamu akan melihat dua pohon beringin besar yang berdiri gagah dan kokoh ditengah-tengah lapangan. Dan disinilah mitos ini bermulai. Dimana ada sebuah permainan yang disebut MASANGIN, sebuah permainan yang banyak membuat para wisatawan penasaran.

Permainan Masangin ini merupakan sebuah permainan yang mengharuskan para wisatawan / pelancong untuk melewati jalan antara kedua pohon beringin besar ini. Tapi para pemain harus melewatinya dengan mata tertutup. Jadi nanti para pemainnya akan ditutup dengan kain hitam. Disekitar alun-alun kidul ini juga banyak yang menyewakan kain hitam untuk mencoba permainan ini. Dan nanti dengan mata tertutup, para pemain akan melewati jalan diantara kedua pohon itu. Jika ada yang berhasil melewatinya. Maka konon katanya akan mendapatkan nasib baik dan rejeki yang berlimpah.

Tapi disinilah mitosnya, jika dilihat dari nalar (logika). Permainan ini sangat gampang, setelah mata ditutup kita hanya perlu berjalan lurus saja untuk melewati jalan antara kedua pohon tersebut. Tapi tidak semua orang bisa melewatinya, setiap kita jalan lurus pasti saja jalan kita malah berbelok dan tidak jelas arahnya. Yang menyebabkan kita gagal untuk melewati jalan antara kedua pohon tersebut.

Dan inilah mitos yang sampai sekarang belum terpecahkan. Tapi apapun itu penjelasannya, permainan masangin ini bisa menjadi pilihan seru untuk para wisatawan. Datang dan cobalah berlibur di Jogja. Dan rasakan bagaimana serunya berwisata di kota Jogja. 🙂

Silahkan berkomentar