Lava tour atau tur pasca erupsi mengunjungi bekas lahar Gunung Merapi memang seru. Dengan menyewa sebuah mobil jeep bisa berkeliling ke lokasi aliran lahar dingin dan bekas pedesaan yang jaraknya hanya sekian kilometer saja dari sang gunung yang gagah berdiri. Kebanyakan lava tour mengambil rute ke Kali Adem yang pemandangannya memang sangat menakjubkan karena di utara langsung menghadap ke Gunung Merapi yang hijau, dengan kumpulan bukit-bukitnya yang memberikan efek eksotis gunung. Namun, tahukah para wisatawan bahwa ada satu lokasi lagi tempat mengagumi Gunung Merapi yang tak kalah kerennya bernama Kali Gendol. Lokasinya di Desa Kepuharjo, Cangkringan.

Kali Gendol

Kali Gendol

Sebelum Merapi meletus besar pada tahun 2010. Kali Gendol ialah sebuah kali yang dipinggirannya terdapat perkampungan. Namun semenjak erupsi Merapi tahun 2010 yang membawa banyaknya material vulkanik, dari pasir, kerikil sampai dengan batu dengan berbagai ukuran. Sungai ini menjadi tertutup sampai dengan seperti yang dapat dilihat sekarang, Kali Gendol seperti daratan pasir yang sangat luas. Mengunjungi Kali Gendol sangat cocok dilakukan pada pagi dan sore hari, ketika tidak panas, maklum apabila ke sana pada siang hari mataharinya terasa sangat menyengat. Mengawali petualangan di Kali Gendol, sejauh mata memandang akan terlihat pasir dan beberapa onggokan batu yang sangat besar. Malah ada satu batu yang bentuknya mirip seperti bentuk hati, sampai disebut oleh masyarakat sekitar sebagai batu cinta. Tidak jauh dari situ akan terlihat pula bekas-bekas rumah penduduk yang tinggal kerangka bangunanny saja. Jalan ke arah barat, nanti akan ada kumpulan barang-barang pajangan yang terkena awan panas Gunung Merapi.

Kali Gendol

Kali Gendol

Pesona Kali Gendol sebagai saksi bisu dari peristiwa erupsi dapat dinikmati pula di sebelah baratnya terdapat sekumpulan batu-batuan yang tingginya mencapat dua meter, bebatuan raksasa ini berkelompok jadi dari jauh seperti kampung batu, begitu masyarakat sekitar menyebut gugusan batu tersebut. Melihat gunung Merapi dari kejauhan pun menyenangkan, keindahan pemandangan yang ditawarkan sekilas mirip dengan kaldera di Gunung Bromo. Jika mengunjungi pada waktu pagi hari, udara segar terhembus. Lokasi ini pula dapat dijadikan lokasi berolahraga. Mengunjungi Kali Gendol tanpa biaya, biaya masuknya gratis hanya biaya parkir saja. Namun apabila Anda ingin mengunjungi lokasi ini memerlukan kendaraan pribadi (mobil atau motor) dikarenakan tidak ada angkutan umum menuju ke lokasi ini.

Labiru Tour menyediakan penyewaaan kendaraan pribadi dengan harga yang bersaing. Selain itu, bagi wisatawan yang berniat mengunjungi Kali Gendol dan obyek wisata lain di sekitaran Cangkringan-Kaliurang, Labiru Tour juga menyediakan jasa untuk arrangement wisata yang dapat disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan masing-masing pengunjung. Harga paket wisata Labiru Tour sangat terjangkau dan bersaing.

Silahkan berkomentar