Berwisata bersama keluarga tentu menjadi momen yang menyenangkan. Bila ada waktu luang sesekali berkunjunglah ke Gembira Loka di kota Jogja. Mengajak putra-putri kita sambil mengenalkan berbagai satwa karena kebun binatang Gembira Loka ini merupakan satu-satunya kebun binatang di Yogyakarta yang mempunyai koleksi satwa paling lengkap. Lokasinya berada di jalan Kebun Raya No. 2, tidak jauh dari terminal Giwangan dan keraton Jogja, dari terminal Giwangan berjarak 4 km dan dari keraton berjarak 6 km. Akses menuju wisata ini bisa juga ditempuh dengan transportasi umum dengan biaya Rp. 2000,00 hingga Rp. 3000,00.

Harga tiket masuk kebun binatang ini seharga Rp. 20.000,00. Di Gembira Loka terdapat berbagai macam satwa diantaranya seperti reptil, mamalia dan unggas. Kita juga bisa menunggangi gajah dan unta, selain itu kita juga bisa foto bersama reptil-reptil yang cantik dan eksotis seperti iguana. Ada juga fasilitas transportasi keliling yang bisa kita nikmati sambil melihat-lihat satwa yang ada.  Setelah lelah berkeliling di kebun binatang Gembira Loka ini kita juga bisa menikmati terapi ikan sambil bersantai.

gembira loka zooKita dapat melihat beberapa satwa melakukan kegiatan makan pada waktu-waktu tertentu. Seperti pada ular phyton besar, kita dapat melihat aktivitas makannya ular ini setiap hari pada pukul 11.30. Pada harimau dapat kita lihat aktivitas makannya setiap hari minggu pukul 12.00, melihat keseruan binatang buas ini mencabik-cabik makanannya dengan giginya yang tajam. Ada pula pertunjukan hewan terampil di kebun binatang ini yang sayang bila kita lewatkan, seperti pertunjukan dari burung kakak tua jambul kuning, burung kangkareng dan julang emas, linsang, beruang madu dan orang utan.

Dibangun di tanah seluas 20,4 ha dan memiliki koleksi lebih dari 400 jenis satwa menjadikan kebun binatang ini sebagai tempat rekreasi keluarga sekaligus wisata pendidikan bagi putra putri kita. Masih banyak fasilitas lain yang disediakan di kebun binatang ini, seperti speed boat, bumper boat, skuter air dan perahu kayuh.