Melihat kebun buah tentunya menyenangkan, apalagi kebun buah terletak di daerah dataran tinggi sehingga memungkinkan pengunjungnya juga menikmati pemandangan ngarai dari atas bukit. Tidak banyak yang mengetahui bahwa di Yogyakarta terdapat kebun buah dengan pemandangan fantastis. Tempat tersebut bernama Kebun Buah Mangunan, yang terletak di Desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul. Kebun buah ini jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta, sekitar 35 km dari pusat kota. Apabila ditempuh dengan kendaraan bermotor (baik mobil maupun motor) dapat dicapai dengan waktu 45 – 1 jam saja. Lalu lintas menuju ke lokasi juga tidak terlalu ramai sehingga perjalanan tergolong lancar. Sepertiga dari perjalanan, pengunjung akan menikmati jalan aspal yang mulus berudara dingin khas jalan di tengah perhutanan di bukit yang telah dikelola dengan cukup baik.wisata kebuh buah mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu proyek pengembangan perkebunan dan pariwisata milik pemerintah daerah setempat yang dibangun pada tahun 2003. Luas keseluruhan kebun ini adalah 23 ha dan dibangun di atas ketinggian 150-200 m di atas permukaan laut. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik utama Kebun Buah Mangunan. Selain luas nya perkebunan dengan koleksi buah-buahan berupa durian, mangga, manggis, jambu, jeruk, sawo, dukuh, kelengkeng, cempedak, belimbing, salak, rambutan, dll, kebun buah ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan Imogiri, hijaunya bukit, dan kelok Sungai Oyo yang mengalir persis di bawah kebun buah.kebun buah di jogja hasil kebuh buah

Untuk mencapai puncak kebun buah dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan sepeda motor dan jalan kaki. Baik bagi pengunjung yang menggunakan motor maupun jalan kaki harap berhati-hati karena jalan untuk menuju puncak menanjak, berbatu, dan kecil. Menurut penjaga kebun batuan yang terdapat di sekitaran kebun adalah batuan purba. Bagi pejalan kaki, meskipun terasa agak berkeringat ketika menanjak ke puncak disediakan tempat-tempat beristirahat berupa pondok-pondok yang tersebar di sekitaran kebun buah. Sesampainya di puncak, terbayar sudah keletihan di perjalanan. Pemandangannya luar biasa indah dan cantik. Spot pemandangan ini pula lah yang menjadi favorit pengunjung untuk mengabadikan momen alias berfoto. Puncak inilah yang menjadikan Kebun Buah Mangunan disebut sebagai kebun buah di atas awan, lokasinya menjulang, pengunjung bagaikan dapat menyentuh awan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kebun Buah Mangunan adalah akhir Desember dan bulan Januari, saat buah primadona kebun, durian, sedang berbuah. Bagi penggemar buah durian tentunya ini sangat menyenangkan. Namun, pengunjung diharapkan membawa payung aatu jas hujan karena pada awal tahun curah hujan memang cukup tinggi. Kunjungi pula kebun buah di pagi hari, saat masih pagi hari sehingga masih banyak kabut dan mataharinya belum terik. Saat pagi hari warna langitnya cantik dan udaranya sangat segar. Luasnya perkebunan juga bisa jadi sarana olahraga dan menyehatkan badan. Pohon-pohon lain (selain pohon buah-buahan) seperti jati dan pinus menambah keteduhan dari kebun buah ini.

Kebun Buah Mangunan cocok bagi anda yang berwisata bersama pasangan, teman-teman, maupun keluarga. Bagi yang berminat menikmati Kebun Buah Mangunan segera reservasi trip wisata Anda di Labiru Tour. Penasaran kan bagaimana cantiknya kebun ini.

Silahkan berkomentar

  • Saddam H
    Balas

    Sangat bermanfaat sekali info kontentnya, izin copas ke blog saya terimakasih
    tapi untuk budget kesana kira-kira berapa yaa? syukran.

    • Admin

      iya, silahkan. jangan lupa untuk cantumkan sumber tuisannya ya. 🙂

      untuk kesana bisa ambi paket oneday trip Jogja, harga mulai dari 150ribuan/orang saja.