Kekayaan alam Jogja seperti tak ada habisnya untuk terus dijelajahi. Karena itu, tak heran bila saat ini banyak sekali wisata alam yang ditawarkan oleh masyarakat Jogja. Salah satu wisata alam yang patut dicoba adalah cave tubing di Goa kalisuci. Cave tubing mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang, tapi tidak untuk para penyuka kegiatan alam bebas. Cave tubing adalah salah satu kegiatan outdoor yang memadukan kegiatan telusur goa (caving) dan arung jeram (rafting) dengan menggunakan ban dalam (tube). Di Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal beberapa goa yang dapat ditelusuri dengan cara cave tubing, salah satunya adalah Goa Kalisuci.goa kalisuciGoa yang terletak di Dusun Jetis Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul ini memang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Dengan semakin banyaknya orang-orang yang menyukai kegiatan alam bebas, makin banyak pula orang-orang yang menjajakkan jasa wisata kegiatan alam bebas.

Goa Kalisuci bukan satu-satunya goa di daerah pegunungan karst Gunungkidul, tapi salah satu dari ratusan goa yang ada di daerah ini. Di balik tanahnya yang tandus, Gunungkidul menyimpan pesona lain yang tak kalah indah lho. Goa ini memiliki sungai bawah tanah yang airnya jernih. Untuk menelusuri goa sepanjang 500 m ini cave tubing adalah pilihan yang tepat. Hanya dengan duduk terlentang di atas ban, kita sudah bisa menikmati keindahan goa tanpa harus bersusah payah. Jika ditelusuri terus, aliran sungai bawah tanah yang juga melewati Goa Glatikan, Goa Gelong, Goa Buriomah, Goa Grubug, dan Goa Jomblang ini akan sampai di Pantai Baron. Namun, kita harus puas hanya sampai melewati Goa Glatikan saja karena aliran sungai semakin berbahaya untuk dilewati.

perjalanan ke goa kalisuciUntuk berwisata alam cave tubing ini tidak harus mengeluarkan uang banyak. Hanya dengan membayar Rp 65.000 kita sudah mendapatkan ban, life vest, helm, air minum, kudapan, dan tentunya pengalaman yang tak terlupakan. Tak lupa juga seorang pemandu yang siap menemani Anda selama perjalanan. Sarana ecotourism dan education tourism ini cocok untuk menjadi pilihan liburan di alam bebas bersama keluarga atau teman. Let’s Caving Fun!

Silahkan berkomentar