Selama ini kita hanya mengenal Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kedua candi ini memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tapi sebenarnya di Jogja ini masih banyak wisata candi lainnya yang bisa kita kunjungi. Dan keindahannya pun tidak kalah dengan kedua candi tersebut.

Jika kamu pecinta sejarah dan wisata candi, ada beberapa candi lain seperti Candi Barong, Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Sambisari, dan Candi Gebeng. Tapi kali ini PakWiJo akan membahas tentang Candi Sambisari.

Candi ini terletak di Desa Sambisari yang tidak jauh dari Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Candi ini memang jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena memang lokasinya agak sulit untuk dijangkau. Jalur desa yang jauh dari jalan utama serta jalan yang kecil menyebabkan Candi ini jarang dikunjungi.

candi sambisari wisata candi sambisari

Walaupun begitu, candi ini memiliki keunikan dibanding candi-candi lainnya. Letaknya berada di 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Konon katanya, ini disebabkan karena timbunan Gunung Merapi pada abad ke-11.

Candi Sambisari ini dikelilingi oleh benteng yang terbuat dari batu candi itu sendiri. Di depan candi terdapat 3 candi perwara yang hampir rusak dan tanpa atap. Selain itu, di depan candi utama juga terdapat arca penjaga berbentuk burung. Dan lebih terlihat gagahnya lagi, terdapat juga patung Ganesha, Dewi Durga, dan Agastya. Inilah kenapa candi Sambisari ini terlihat gagah. Karena seperti raja yang dikelilingi para penjaga. Membuat kita yang mengunjunginya tidak hanya menikmati wisata candi. Tapi dapat melihat keunikan dan kegagahan bangunan disektiar candi.

Tiket masuk objek wisata candi Sambisari ini hanya Rp.2.000,-/orang atau bisa juga bayar seikhlasnya. Semoga candi Sambisari ini dapat dikembangkan oleh pemerintah setempat. Sehingga wisata candi di Jogja makin banyak dan beraneka ragam.

Silahkan berkomentar