Ada rasa kebanggaan yang dimiliki oleh warga negara Indonesia. Bagaimana tidak merasa bangga, tanahnya subur melimpah kaya dengan rempah dan berbagai flora, serta memiliki laut yang sangat luas yang lagi-lagi kaya dengan kekayaan biota lautnya. Kekayaan lautan yang dimiliki oleh Indonesia mengantarkan Indonesia juga memiliki angkatan laut yang kompetitif dengan kemampuan yang tak diragukan lagi. Pengalaman mengarungi lautan dan prestasi-prestasi yang telah diukir sejak lama terkumpul dan tersimpan, namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang detail hal tersebut, termasuk tidak tahu juga mengenai betapa kayanya bahari negara kita ini.

Oleh karena itulah tercetuskan ide membuat sebuah museum. Awalnya ide ini dicetuskan oleh Laksamana Madya TNI Yosafat Didik Heru Purnomo yang ketika itu menjabat sebagai ketua staff umum TNI Angkatan laut dan juga kepala Paguyuban Tri Sekar Lastari, kemudian pada tahun 2009 keinginan tersebut terwujud dengan didirikannya Museum Bahari Yogyakarta, beliau menghibahkan rumah tinggalnya untuk mendirikan museum ini. Misi museum ini sendiri yaitu menyebarluaskan pengetahuan kemaritiman kepada pemuda dan pemudi Indonesia. Selain itu lewat museum ini juga diharapkan lalu tumbuh kebanggaan pada kekayaan bahari Indonesia yang selama ini mungkin kurang dipupuk dan diperhatikan.

museum bahari jogja

museum bahari jogja

Museum Bahari Yogyakarta terletak di daerah Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Dari pusat wisata, Malioboro, dapat ditempuh dalam waktu 10 menit saja. Bus Trans Jogja pun melayani rute menuju museum ini. Selain itu bus umum jalur 15 juga dapat dipergunakan untuk menghantar Anda ke museum. Museum buka setiap hari Selasa-Minggu, jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Bagi yang membawa rombongan dapat melakukan reservasi terlebih dahulu. Tiket masuk ke museum ini dapat didapatkan di loket on-the-spot dengan harga yang sangat murah yakni Rp 1000,00 saja untuk per-orang nya. Bagi yang membawa kendaraan pribadi tidak usah khawatir karena tersedia lapangan parkir yang cukup luas.

Sekilas pandang terlihat dari luar, museum ini terlihat kecil yang agak menyempil. Tapi setelah diperhatikan, bentuk bangunan depannya sangat unik karena mirip dengan anjungan kapal sungguhan dengan beberapa ornamen khas kelautan seperti jangkar dan bendera. Di dalam museum pengunjung akan terbawa dengan suasana maritime yang kental, karena di setiap sisi ruang terlihat pajangan-pajangan koleksi yang menarik, seperti senjata-senjata TNI Al (meriam, bom, ranjau laut, torpedo), lalu ada pula komponen-komponen khas kapal seperti radar, sonar, kompas, kemudi kapal, alat selam, jangkar, telegraf, dan lain-lain. lalu di sini pengunjung juga akan terkesima dengan miniatur kapal laut dan kapal tempur yang dimiliki oleh angkatan laut negara kita. Di bagian ruang yang lain pengunjung akan dipertontonkan film dokumenter seputar perkembangan kemaritiman di Indonesia dari jaman Soekarno sampai dengan sekarang ini. Ruang audio visual ini cukup nyaman dan dapat memuat banyak orang.

Tertarik untuk mengunjungi Museum Bahari Yogyakarta? Tempat ini cocok untuk memperkaya pengetahuan dan memupuk rasa kecintaan pada bangsa. Jangan lupa, segera reservasi liburan Anda hanya di Labiru Tour and Travel.

Silahkan berkomentar