Ada yang indah di Goa Jomblang. Ya, objek wisata satu ini memiliki spot yang luar biasa mempesona yang belum banyak orang lihat. Berlokasi di daerah Gunung kidul, DI Yogyakarta. Goa yang didalamnya terdapat hutan purba ini menjadi objek wisata favorit untuk para pecinta adventure.

Goa Jomblang merupakan salah satu goa dari ratusan goa yang ada di kawasan Gunung Kidul. Goa ini terbentuk karena amblasnya tanah beserta vegetasi di atasnya beratus-ratus tahun silam. goa jomblangBuat kamu yang suka travelling tapi tidak terlalu suka adventure. Kami tidak merekomendasikan wisata yang satu ini. Objek wisata ini buat yang benar-benar suka adventure (petualangan). Karena untuk menikmati keindahan Goa Jomblang ini kamu harus melakukan singe rope technique (SRT) secara vertikal.

Untuk para traveller yang baru datang ke Goa Jomblang, bisa melalui jalur VIP. Karena di goa ini terdapat beberapa jalur untuk memasukinya. Salah satunya ya jalur VIP ini. Jalur terpendek untuk memasuki goa Jomblang.

Di jalur VIP ini sekitar 15 meter pertama kamu masih menemukan lereng yang bisa dipijak. Dan 20 meter berikutnya kamu harus menuruninya dengan Single Rope Technique (SRT) tadi. Ini cukup mengerikan buat kamu yang masih pemula!

cahaya surga goa jomblangjomblang cave

Tapi setelah kamu masuk ke dalam goa ini. Semua rasa takut dan perjuangan kamu akan terbayar. Di dalam goa kamu akan melihat panorama yang jarang sekali kamu lihat. dimana kamu akan melihat hutan purba yang tumbuh subur di dalam sana. Berbagai lumut, semak, dan phon bisa ditemukan di dalam goa. Tapi dimana “Cahaya Surga” yang tadi kita bicarakan? Sabar dulu gan, sebentar lagi kita akan menuju cahaya surga.

Di dalam goa ini terdapat sebuah lorong yang terhubung dengan salah satu Goa yaitu goa Grubug. Di lorong sepanjang tiga ratus meter inilah yang akan mengantar kamu melihat CAHAYA SURGA. Yaitu pancaran sinar matahari yang meneroboas masuk dari atap goa. Sunggu mengagumkan!

Sinar sang surya ini menerbos masuk dari celah-celah lubang goa. Menyinari dalam goa yang tadinya gelap gulita. Membentuk tiang-tiang cahaya yang indah.

Inilah kenapa Goa Jomblang selalu menjadi objek wisata favorit untuk para wisatawan lokal dan mancanegara. Bahkan pada sekitar tahun 2011, goa ini dijadikan lokasi syuting Amazing Race oleh salah satu petualang Amerika Serikat. Kalo kamu memang pecinta adventure sejati, maka kamu wajib datang ke Goa Jomblang ini!

Silahkan berkomentar

  • fauzitjikmat0@gmail.com
    Balas

    Amazing