Museum yang berada di Yogyakarta ini menempati peringkat pertama dari ke 10 museum yang menjadi favorit para wisatawan di Indonesia. Lokasinya berada di daerah Pakem, jalan Boyong Kaliurang Donoharjo Ngaglik Sleman, Yogyakarta. Nama dari Ullen Sentalu ini merupakan singkatan dari pepatah Jawa, yaitu “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”, artinya “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Blencong yaitu lampu minyak yang digunakan dalam pertunjukkan wayang, blencong merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

museum ullen sentaluMuseum Ullen Sentalu dibangun di lereng gunung Merapi dikarenakan filosofis masyarakat Jawa yang berpandangan bahwa gunung memiliki nilai mistik, di Taman Kaswargan yang letaknya tinggi (Lereng Gunung Merapi) inilah yang dipilih sebagai tempat berdirinya Ullen Sentalu.

Ullen Sentalu merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan dari para putri Keraton Yogyakarta beserta koleksi bermacam-macam batik, baik batik gaya Yogyakarta maupun Solo. Di museum ini juga menampilkan tokoh para raja atau Sultan di Keraton Yogyakarta beserta permaisurinya. Di Ullen Sentalu dapat pula kita ketahui bagaimana para leluhur Jawa membuat batik yang mempunyai arti dan makna mendalam di setiap coraknya. Ada pula berbagai sejarah mengenai kebudayaan Jawa Kuno dengan segala aturan yang ada di dalamnya.

Museum ini terdapat dua bangunan utama yaitu Guwa Selo Giri dan Kampung Kambang. Guwa Selo Giri merupakan ruang bawah tanah yang memajang karya-karya lukis dokumentasi dari para tokoh yang memiliki figur empat Keraton Dinasti Mataram. Kampung Kambang merupakan ruangan yang berdiri di atas kolam airdengan bangunan berupa ruang-ruang di atasnya. Di kedua bangunan inilah tersimpan berbagai macam koleksi kebudayaan Jawa, seperti kain batik, kebaya, naskah, lukisan dan lain sebagainya.

ullen sentalu jogjaMuseum Ullen Sentalu ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu pada jam 09.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk untuk turis lokal dewasa Rp 25.000,00, untuk anak-anak Rp 15.000,00. Sedangkan untuk turis mancanegara, tiket dewasa seharga Rp 50.000,00 dan tiket anak-anak Rp 25.000,00. Di sekitar lokasi museum terdapat restoran Beukenhof yang bernuansa Istana berpadu dengan suasana Eropa. Terdapat pula Putri Malu Souvenir Shop tempat untuk membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik kerajinan lokal maupun kain batik khas Jogja dan Solo. Jika Anda ingin mengunjungi museum ini, silahkan mengikuti program Paket Wisata Jogja yang kami miliki. Disini kami menyediakan segala kebutuhan liburan Anda selama di Jogja.

Silahkan berkomentar

  • Zogenk R
    Balas

    Tempatnya artistik,sejuk,nyaman …pingin k ullen sentalu lg