Menikmati sajian hidangan laut di pantai merupakan kenikmatan tersendiri bagi para penggemar kuliner dan wisatawan. Sajian berupa ikan-ikanan, udang, cumi, kepiting dan rekan sejawatnya dapat memanjakan lidah dan perut. Apalagi dengan pengolahan yang tepat, makanan laut menjadi pilihan yang tepat untuk kesehatan. Di Bantul, Yogyakarta ada sebuah pantai yang menjadi pusat panganan laut bernama Pantai Depok. Pantai Depok ini sungguh terkenal dengan kekayaan baharinya, sehingga dijuluki pusat kuliner seafood di Yogyakarta. Bagaimana tidak, di tempat ini setiap hari tersedia hewan laut segar. Ketika musim paceklik (musim jarang tangkapan) pun masih tersedia panganan-panganan tersebut walaupun dengan jumlah yang terbatas.

pantai depok

Pantai Depok

Pantai Depok terletak tidak jauh dari obyek wisata Pantai Parangtritis. Dua pantai ini memang bertetangga. Jarak antar pantai ini hanya 1,5 kilometer. Dari Yogyakarta dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih 45 menit – 1 jam perjalanan. Apabila pengunjung telah berada di Pantai Parangtritis, pengunjung dapat menuju ke Pantai Depok dengan menelusuri bibir pantai ke arah barat.

Selain menjadi surga makanan laut yang terhitung ramah di kantong. Pantai Depok memiliki pemandangan yang tak kalah indah dari pantai-pantai yang lain. Tepian pantai sangat luas, seperti padang pasir. Tempat ini disebut Gumuk Pasir. Hamparan pasir ini adalah fenomena geografis langka di negara yang iklimnya tropis seperti Indonesia. Konon, gumuk pasir yang berada di sepanjang Pantai Depok dan Pantai Parangtritis ini adalah satu-satunya di Asia Tenggara. Darimanakah asal pasir ini? Menurut cerita penduduk sekitar, gumuk pasir ini adalah kumpulan dari pasir-pasir letusan Gunung Merapi yang terbawa angin dan melalui proses ribuan tahun sampai hasilnya adalah yang dapat kita lihat sekarang.

depok beach

Kuliner Pantai Depok

wisata kuliner pantai depok

TPI Pantai Depok

Pantai Depok cukup ramai baik ketika musim liburan dan hari regular, hal ini dikarenakan banyak nelayan yang juga beraktifitas di pantai-pantai tersebut. Kehadiran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) juga turut meramaikan Pantai Depok. TPI ini menerima jual-beli panganan laut dari nelayan ke konsumen. Bagi pengunjung yang suka memasak makanan laut, TPI ini tempat terbaik untuk membeli hasil tangkapan laut yang terjamin kesegarannya. Jangan lupa untuk menawar harga di sini, dapatkan harga terbaik. Di sekitaran Pantai juga terdapat banyak penjaja hidangan masakan laut. Sambil menikmati makanan dengan minuman andalan berupa air kelapa, tempat duduk pengunjung sengaja dihadapkan pada pemandangan pantai dengan ombak yang besar dan hamparan kapal-kapal nelayan yang sedang menepi.

Bagi pengunjung yang menyukai berenang di pantai, Pantai Depok juga pantai yang cukup aman untuk dipakai berenang dan bermain air. Ombak pantai memang cukup besar, maka pengunjung diharapkan berenang di tepian saja. Satuan kepolisian pantai juga sigap sedia untuk memberitahukan apabila ombak sudah tak aman dan siap apabila pengunjung membutuhkan pertolongan darurat. Pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Depok dapat memanfaatkan losmen dan penginapan yang berada tidak jauh dari pantai dengan harga yang bervariasi.

Apabila kini mata dan perut Anda mulai menggelitik menginginkan makanan laut di pantai yang cantik, segera atur jadwal wisata Anda ke Pantai Depok dan pantai-pantai lain di sekitarnya bersama Labiru Tour.

Silahkan berkomentar