Pantai Parangtritis merupakan pantai selatan di Yogyakarta yang terkenal dengan legenda Ratu Kidulnya. Jaraknya sejauh 27 km ke arah selatan dari kota Jogja untuk menuju pantai ini. Bila ingin berkunjung ke parangtritis bisa diakses dengan kendaraan bus umum ataupun kendaraan pribadi. Ada beberapa mitos yang ada di parangtritis, salah satunya yaitu mitos yang berisi larangan mengenakan pakaian berwarna hijau bila ingin berkunjung. Konon warna hijau merupakan warna kesukaan dari Ratu Kidul. Menurut cerita yang beredar bila larangan ini dilanggar maka orang tersebut akan terseret arus ombak.pantai parangtritisSeiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini terseretnya seseorang oleh arus ombak sudah bisa dijelaskan secara ilmiah. Hilangnya wisatawan di pantai Parangtritis adalah akibat terseret rip current, dimana kecepatan arus balik ombak mencapai 80 km/jam. Arus balik ombak merupakan aliran air gelombang datang yang membentur pantai dan kembali lagi ke laut. Rip current ini tidak hanya kuat tetapi juga mematikan karena arus balik ombak datang begitu cepat bahkan dalam hitungan detik. Hingga kini informasi rip current sangatlah minim, sehingga kebanyakan masyarakat masih mengaitkan hilangnya wisatawan di Parangtritis karena hal-hal mistis. Demi keselamatan para pengunjung diharapkan untuk bermain di pinggir pantai dengan ketinggian air sampai mata kaki saja, karena bila ketinggian air mencapai paha orang dewasa itu sudah bisa sangat membahayakan pengunjung.

parangtritis beachPada penghujung musim kemarau, di Parangtritis para wisatawan dapat menjumpai lomba layang-layang. Banyak peserta yang mengikuti lomba layang-layang ini, mereka datang dari berbagai daerah bahkan dari luar propinsi DIY. Para pesertanya memiliki kreativitas yang tinggi, mereka menghias layang-layang tersebut dengan berbagai bentuk. Layang-layangnya pun berukuran sangat besar dan panjang. Tali yang digunakan untuk menerbangkan layang-layang setebal tali tambang, dan bila sudah mengudara ujung tali yang dipegang oleh peserta ditancapkan ke tanah dan harus ditimbun oleh berkarung-karung pasir supaya layang-layangnya tidak lepas dan terbang.

Di pantai Parangtritis pun banyak fasilitas yang disediakan, kita bisa menyusuri sepanjang pantai dengan menunggang andong. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam di Parangtritis yang sangatlah indah bila cuaca sedang tidak mendung.

Lihat juga objek wisata menarik lainnya yang ada di Jogja:

Benteng Vredeburg

Jalan Malioboro

Candi Prambanan

Silahkan berkomentar