Masih banyak pantai-pantai perawan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai-pantai ini seringkali tersembunyi di balik tebing-tebing dan bukit karst yang menjadi pemandangan khas Gunung Kidul. Akses jalan bagi transportasi yang belum memadai membuat surga wisata ini terlelap bak putri tidur. Salah satu surga wisata tersembunyi yang baru-baru sedang naik daun ialah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini berada di Desa Tepus, tepat berada di tengah Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Memang untuk mencapai lokasi dibutuhkan usaha karena jalan masuk ke pantai ini kecil dan masih belum teraspal (masih jalan desa, berbatu-batu). Namun demikian, ketika sampai di pantainya sirna sudah rasa lelah di perjalanan karena disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya.

pantai pok tunggal

Pantai Pok Tunggal

Seperti pantai-pantai di Gunung Kidul pada umumnya, Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih yang bersih mengkilap. Disekelilingnya terdapat dinding-dinding tebing yang sangat tinggi dan dapat menjadi potensi sarana olahraga panjat tebing. Selain itu, di pantai tersebut terdapat sebuah pohon yang berdiri tegak di tengah hamparan pasir pantai, sehingga menjadi salah satu ikon fotografi di pantai ini. Tebing yang mengapit pantai juga menarik untuk dieksplorasi, di salah satu tebing sudah terdapat tangga yang dapat dinaiki. Namun, tetap berhati-hati ketika naik tangga. Dari sini, akan terlihat pemandangan pantai yang cantik. Untuk fasilitas, ada tiga penginapan dengan harga terjangkau.

Bagi pengunjung yang ingin meneduhkan diri dari pancaran sinar matahari pantai dapat menyewa payung pantai berwarna-warni yang dijajakan oleh pengunjung setempat. Atau dapat juga duduk-duduk di gazebo yang tersebar di sekitaran pantai. Apabila lapar melanda, warung-warung makan menyediakan makanan-makanan yang sederhana (seperti nasi goreng, mie instan, dan ikan bakar/goreng) yang lumayan untuk mengganjal perut. Fasilitas toilet dan kamar mandi juga sudah ada dan layak pakai, jadi tidak usah khawatir untuk urusan membersihkan badan.

tiket masuk objek wisata

Plang Masuk Pantai

Berkemah di Pantai Pok Tunggal juga menjadi salah satu kegiatan yang menarik. Selain dengan membawa perlengkapan tenda sendiri, di pantai ini juga disewakan tenda dome yang dapat dipergunakan untuk tidur 2-3 orang. Di pantai ini pengunjung juga akan dihibur dengan kehadiran monyet-monyet kecil yang tinggal di tebing-tebing yang tak jauh dari situ. Karena mereka adalah satwa liar maka sebaiknya pengunjung juga waspada dan tidak terlalu mengganggu mereka. Menikmati matahari terbenam juga dapat menjadi alternatif acara menikmati Pantai Pok Tunggal. Disarankan pengunjung pulang sebelum matahari terbenam atau memilih untuk menginap di pantai, karena akses jalan belum baik dan tidak ada penerangan jalan yang memadai, dikhawatirkan mengalami kesulitan di jalan ketika gelap mulai datang.

Mengeksplorasi pantai-pantai di wilayah Gunung Kidul dapat menjadi prestasi tersendiri karena tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai-pantai indah ini, seperti Pantai Pok Tunggal. Maka sebagai petualang sejati, mari mengunjungi dan mengapresiasi kekayaaan alam ini. Labiru Tour menyediakan paket lengkap wisata Yogyakarta dan sekitarnya dengan harga yang ramah dikantong. Belum afdol ketika berkunjung ke Yogyakarta tapi melewatkan cantiknya pantai-pantai Gunung Kidul.

Silahkan berkomentar