Pantai sundak lokasinya berada di Gunung Kidul, tepatnya di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Yogyakarta. Pada mulanya pantai ini bernama pantai Wedibedah karena bila pada saat musim hujan banyak air dari daratan menuju lautan. Akibatnya dataran sebelah timur pantai membelah sehingga membentuk seperti bentukan sungai. Air yang mengalir seperti membelah (bedah) pasir (wedi).

Sundak merupakan perpaduan nama antara asu (anjing) dan landak, yang sejarahnya bermula dari pertarungan antara asu dengan landak. Pertarungan terjadi pada saat ada seekor anjing yang memasuki gua air tawar di pantai itu. Di dalam gua dia melihat seekor landak, karena si anjing dalam kondisi lapar akibatnya dia berusaha memangsa si landak. Pertarungan dimenangkan oleh anjing dan landak berhasil dimangsa olehnya. Akibat pertarungan sengit itulah hingga kini pantai Wedibedah di kecamatan Tepus ini dikenal dengan nama pantai Sundak.

pantai sundakPantai Sundak yang berada di selatan kota jogja ini sungguh cantik dan mengagumkan. Gulungan-gulungan ombak yang besar akan pecah di tengah pantai sehingga saat tiba di pinggiran pantai gulungan ombak tadi berubah menjadi aliran air laut yang mengalir dengan tenang. Bila air laut tidak pasang kita bisa bermain di pinggir pantai karena di sana banyak terdapat karang-karang kecil yang dijadikan tempat untuk sembunyi hewan-hewan laut, seperti ikan yang berwarna-warni, bintang laut dan kepiting yang pastinya semua berukuran kecil. Capitan kepiting dengan ukuran kecil pun bisa terasa sakit bila keberadaan mereka merasa terusik. Semua hewan laut itu dapat terlihat dengan jelas karena pantai ini berpasir putih.

Ada fasilitas yang disediakan di wisata pantai Sundak, seperti kios jajanan, warung makan, toilet dan tempat parkir. Untuk melepas lelah setelah bermain di tepi pantai kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati es kelapa muda yang ada di kios-kios jajanan. Menikmati pemandangan alam sambil merasakan sejuknya angin pantai bersama keluarga atau orang terdekat kita bisa melepas stress dan rasa penat dari aktivitas sehari-hari bagi mereka yang memiliki tingkat kesibukan yang padat.

Silahkan berkomentar