Keindahan sang surya ketika muncul di dunia. Perpaduan antara warna biru, jingga, dan kuning menjadi panorama indah di Puncak Suroloyo ini. Burung mulai berkicau dan udara sejuk sudah mulai tarasa di rongga dada, ini sensasi yang akan Anda kamu rasakan jika berkunjung kesini.

Dari puncak Suroloyo ini kamu bisa melihat 4 gunung besar di pulau Jawa seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro akan terlihat dari puncak Suroloyo ini. Dari kabut dan awan putih juga akan terlihat puncak stupa dari candi Borobudur yang tampak gagah dan berwarna hitam. Muncul di permukaan lautan awan. Ada sebagian traveler yang bilang bahwa puncak suroloyo ini merupakan Negeri di atas awan.

wisata alam suroloyo

wisata alam suroloyo

sunrise puncak suroloyo

sunrise puncak suroloyo

Mungkin gambaran keindahan panorama tadi bisa menjadi gambaran buat kamu yang mau berkunjung ke puncak Suroloyo. Dengan ketinggian 1.091 dari permukaan laut. Anda benar-benar bisa menikamti udara sejuk nan asri dengan panorama alam yang ciamik di objek wisata alam ini. Walaupun untuk menuju puncak suroloyo ini butuh perjuangan cukup keras. Karena kamu harus menempuh jalanan berkelol yang tajam serta tanjakan yang cukup curam. Kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat harus kamu miliki jika ingin berkunjung kesini. Tapi semua itu akan terbayar ketika kamu sampai dipuncaknya dan bisa menikmati keindahan alamt Suroloyo ini.

Rute Menuju Puncak Suroloyo

Untuk menuju puncak Suroloyo ada dua jalur. Kedua jalur ini dapat kamu tempuh dengan aman. Tapi nanti PaketWisataJogja.net akan merekomendasikan ke kamu jalur yang paling baik untuk kamu tempuh. Dengan mempertimbangkan jarak dan juga faktor keamanan

  • Jalur 1: Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang
  • Jalur 2: Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang

Tapi dari dua jalur itu, kami merekomendasikan jalur yang pertama. Dengan alasan jarak di jalur utama lebih cepat dan faktor keamanan juga lebih bagus. Karena jalur pertama tidak securam dan seekstrim jalur kedua.

Dan jika kamu ingin menikmati keindahan alam puncak Suroloyo ini kamu harus memerika kondisi kendaraan kamu sebelum berangkat. Pastikan bahan bakar terisi penuh, dan juga bawa ban cadangan siapa tau ban kendaraan kamu ada masalah ketika di perjalanan nanti. Karena ada beberapa cerita traveler lain yang mengalami masalah ban pecah ketika di perjalanan karena memang jalan ke puncak suroloyo ini masih bebatuan dan aspal yang agak rusak.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ketika sampai di puncak Suroloyo kamu akan melihat tiga gardu pandang atau biasa disebut dengan pertapaan. Pertapaan yang pertama kali dijumpai adalah pertapaan Suroloyo yang kamu harus menaiki 286 anak tangga untuk mencapai puncaknya. Dari pertapaan ini kamu bisa melihat stupa candi Borobudur berdiri dengan gagahnya.

Dari ketiga pertapaan ini, Pertapaan Suroloyo merupakan yang paling terkenal. Menurut cerita, di pertapaan inilah Raden Mas Rangsang yang kemudian bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo bertapa untuk menjalankan wangsit yang datang padanya. Dalam kitab Cabolek karya Ngabehi Yosodipuro yang ditulis pada abad 18, Sultan Agung mendapat dua wangsit, pertama bahwa ia akan menjadi penguasa tanah Jawa sehingga mendorongnya berjalan ke arah barat Kotagede hingga sampai di Pegunungan Menoreh, keduia bahwa ia harus melakuykan tapa kesatrian agar bisa menjadi penguasa.

Menuju ke pertapaan lain yaitu pertapaan Sariloyo. Disinii kamu bisa melihat Sindoro dan Gunung Sumbing. Bila berjalan sekitar 250 meter kamu akan tiba di pertapaan yang ketiga yaitu Kaendran. Dari sini kamu bisa melihat kota Kulon Progo dan keindahan Pantai Glagah. Menakjubkan.

Jadi, apa lagi yang kamu tunggu untuk datang ke Puncak Suroloyo ini. Siapkan waktu dan fisik, atur trip kamu bersama teman. dan bbbeerraaannggggkkaatt! 😀

Silahkan berkomentar

  • dewi
    Balas

    ijin copas artikel ya kaka ,tugas web

    • Admin

      iya silahkan, yg penting mencantumkan sumber tulisannya. 🙂