Sebelum Kesultanan Mataram terbagi menjadi dua, Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Kesultanan Mataram memiliki ibukota yang indah dan megah, yaitu adalah Kota Gede. Setelah terpecah, Kotagede sempat menjadi bagian dari Kasunanan Surakarta namun kini Kotagede adalah salah satu wilayah dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang sering disebut-sebut sebagai kota tua Yogyakarta. Berbagai situs penting yang sarat nilai historis ada di Kotagede, di setiap sudut-sudut kota terkesan ‘jadul’ dan kuno. Hal inilah yang membuat Kotagede sedemikian istimewa. Di Kotagede ini pulalah lahir sebuah pusat kerajinan perak yang telah mendunia. Di tengah persaingan dunia aksesoris dan perhiasan, Pusat Kerajinan Perak Kotagede mampu bertahan dan menjadi yang terbaik dibandingkan dengan pusat kerajinan perak di daerah lain.

Sentra kerajinan perak di Kotagede terletak di sepanjang Jalan Kemasan sampai dengan eks-bioskop Istana. Di jalan ini berdiri kios dan toko kerajinan perak yang puluhan jumlahnya. Masing-masing kios dan toko unik dan cantik, bisa dibilang kios dan toko ini juga dipergunakan sebagai galeri untuk memamerkan hasil jualan para pengrajin perak yang memang asli masyarakat Kotagede. Selain galeri pameran, ada pula bengkel-bengkel tempat para pengrajin bekerja membuat perhiasan dan aksesoris perak tersebut. Di bengkel ini, kita bisa melihat langsung cara pembuatan dan penempaan perak-perak tersebut dari bahan mentah hingga cantik dan dapat dipakai. Apabila Anda tertarik untuk mempelajari pembuatan perhiasan, Andda dapat kursus di sini, durasi waktu kursus sangat bervariasi dari yang hanya beberapa jam saja hingga bulanan. Biayanya juga sangat bervariasi. Beberapa bengkel menerima murid kursusan. Di kursus ini nantinya akan dilatih mulai dari menempa bahan mentah, pembentukan, pembakaran, hingga mengukir perhiasan perak. Para pengrajin di lokasi bengkel perak pun banyak yang dapat berbahasa Inggris dan bahkan Perancis, membuat sentra penjualan perak ini memang ramai dikunjungi oleh para turis mancanegara.

kerajinan perak kotagede

Kerajinan Perak Kotagede

 

Usaha kerajinan perak di Pusat Kerajinan Perak Kotagede ini telah berlangsung turun menurun. Sebagai ibukota yang Berjaya ketika masa Kesultanan Mataram, tentunya membuat banyak saudagar kaya tinggal di daerah sehingga mereka banyak memanggil tukang pengrajin perhiasan untuk membuatkan mereka perhiasan yang melambangkan status sosial. Tak disangka bahwa keterampilan ini menjadi menular, dan kini malah menjadi komoditi utama dari daerah Kotagede. Untuk mengunjungi Pusat Kerajinan Perak Kotagede tidaklah sulit, cukup dengan menggunakan kendaraan bermotor pribadi (untuk mempermudah perjalanan, karena tidak ada angkutan umum yang melewati daerah ini) dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Labiru Tour menyediakan paket wisata Yogyakarta yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan wisata Anda. Apabila Anda ingin mengunjungi Pusat Kerajinan Perak Kotagede, Anda dapat merancang paket perjalanan pribadi Anda, Kotagede sendiri memiliki beberapa lokasi wisata pendukung yang juga dapat kunjungi. Untuk akomodasi dan transportasi kami memiliki penawaran terbaik dan pastinya dengan harga yang bersaing. Kami tunggu konfirmasi wisata Anda. Selamat berlibur!

Silahkan berkomentar