Mau liburan ke Jogja, paling cocok ya minggu ini. Emang ada apa sih? wah, belum tau ya kamu gan kalo minggu ini bakal ada Royal Wedding yang diadakan oleh Sri Sultan Hamangku Buwono X yang akan menikahkan putri keempatnya.

Putri Sultan yang akan menikah adalah GKR Hayu dengan KPH Notonegoro. Pernikahan akan diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 21 – 23 Oktober.

Proses pernikahan ini memang akan berjalan cukup lama. Dimana prosesnya antara lain di tanggal 21 Oktober 2013 akan diadakan nyantri dan siraman untuk calon pengantin pria. Dan untuk calon pengantin putri akan sungkeman di kraton kilen dan upacara siraman. Dan pada malam harinya sulan akan mengadakan tantingan atau bertanya sekali lagi sebelum akad nikah dimulai.kirab keraton jogjaDan dihari kedua akan dilanjutkan dengan ijab qobul di keraton. Dan dihari terakhir / ketiga, akan diadakan resepsi pernikahan yang dihardiri Presiden SBY dan tamu-tamu spesial lainnya. Dan dihari ketiga inilah waktu yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan.

Dan dihati ketiga ini juga akan diadakan Royal Wedding yang didalamnya akan ada kirab pengantin menggunakan kereta dari keraton menuju Kepatihan. Inilah moment langka yang tidak boleh dilewatkan oleh para traveler.

Di acara kirab ini akan akan 360 prajurit, 12 kereta dan 68 kuta yang telah dipersiapkan untuk acara parade nanti. Perhatikan rutenya yang, kereta pengantin akan berangkat dari keraton diikuti dengan kereta utusan dalam. Dari Kaben, rombongan akan melewati Jl. Rotowijayan, depan masjid besar Kauman, museum Sonobudoyo, baru menuju jl. Trikora dan dilanjut menjuju Jl.Malioboro.

Rombongan Sultan yang akan berangkat dari Pagelaran akan dikawal 240 prajuri dari empat bregada yakni Wirobrojo, Daeng, Ketanggung dan Mantrijero. Sultan akan menuju Pagelaran melewati Siti Hinggil setelah rombongan pengantin berangkat dari Keben.

Pokoknya, ini moment langkan yang harus kamu saksikan di Yogyakarta. Dan jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan moment langka ini. Jadikan liburan kamu semakin menyenangkan hanya di Jogja. 🙂

Silahkan berkomentar