Mengunjungi Kota Yogyakarta akan menjadi kurang lengkap apabila tidak sempat mencicipi makanan khas kota ini, gudeg. Gudeg adalah makanan berbahan dasar biji nangka muda (gori) yang dibaluri bumbu santan. Gudeg akan dimakan berbarengan dengan lauk pauk lain seperti sambal krecek, ayam potong, telur, tempe, serta tahu yang dimasak bacem. Rasa gudeg secara umum manis gurih. Gudeg adalah makanan tradisional yang telah ada sejak dahulu. Pesona gudeg sudah terkenal dimana-mana. Setiap orang yang mampir dan mengunjungi Yogyakarta pasti akan mencari gudeg. Bukan hal yang sulit mencari gudeg di kota ini, diberbagai sudut kota akan ditemukan penjual gudeg. Di pusat kota sendiri, terdapat satu jalan yang terkenal sebagai sentra warung gudeg. Lokasi ini bernama Sentra Gudeg Wijilan.

gudeg-wijilan

Tidak jauh jaraknya dari Malioboro. Pengunjung dapat menuju Sentra Gudeg Wijilan dengan berjalan kaki atau menggunakan becak. Secara lebih detail, sentra makanan tradisional ini berlokasi di selatan Plengkung Tarunasura, lokasi ini juga dekat dengan alun-alun utara kota dan Keraton. Memasuki area Sentra Gudeg Wijilan, sejauh mata memandang akan melihat puluhan warung makan yang menyediakan gudeg. Anda tidak harus bingung memilih karena satu warung dengan yang lainnya menyajikan gudeg dengan rasa yang tidak jauh beda. Bagi yang menyukai makan gudeg dengan sensasi yang berbeda di sini juga anda dapat makan gudeg dengan penyajian menggunakan besek (anyaman bambu) atau kendhil (tembikar tanah liat).

gudeg-yu-djum

Dahulu, di tahun 1940-an penjual gudeg di daerah ini hanyalah satu saja. Lalu seberjalannya waktu bertambah pedagang-pedagang gudeg yang lain. Sampai dengan saat ini terdapat puluhan pedagang gudeg di tempat ini. Pemkot DIY kemudian menjadikan lokasi ini sebagai sentra penjualan gudeg. Jalan Wijilan tempat dimana lokasi ini berada juga sering disebut dengan nama Kampung Gudeg. Harga gudeg di sepanjang jalan ini cukup terjangkau dan tidak sampai membuat dompet kosong. Pilihan lauk pendampingnya pun beragam. Warung-warung gudeg ini rata-rata buka sejak pukul enam pagi sampai dengan pukul sembilan malam.

gudeg-Yu-Djum (1)

Bagi yang ingin membelinya sebagai oleh-oleh sangat disarankan untuk membeli gudeg yang kering karena tahan lama selama 3 hari. Tempat ini selalu ramai baik pagi, siang, sore, maupun malam. Gudeg memang cocok sebagai makanan waktu kapan pun. Lokasi ini semakin nyaman karena tidak terlalu ramai dilewati oleh kendaraan-kendaraan bermotor. Lalu, selain berwisata kuliner, di sini juga ada kegiatan yang cukup unik, yaitu kursus membuat gudeg. Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin belajar cara membuat gudeg bisa mendapatkan ilmunya di sini. Selain kenyang, pengunjung juga bisa memperluas pengetahuan dan menambah skill, menarik bukan.

11gudeg djum main

Berwisata di Yogyakarta akan menjadi lengkap setelah mengunjungi Sentra Gudeg Wijilan. Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan berharga Anda ke Kota Yogyakarta. Bagi pengunjung luar kota yang memerlukan bantuan reservasi dan transportasi, dapat menghubungi Labiru Tour, kami memiliki paket wisata Jogja lengkap yang akan membuat liburan Anda makin menyenangkan. Selamat berlibur!

Silahkan berkomentar