Lava tour merupakan satu dari sekian banyak hal yang bisa Anda coba saat sedang berlibur di kota Jogja. Sejarah Lava Tour Jogja sangat menarik, karena memberikan contoh bagaimana hal yang sebenarnya suatu musibah dapat menjadi berkah. Beberapa tahun yang lalu Gunung Merapi meletus dan menghancurkan beberapa wilayah di sekitarnya. Banyak kawasan wisata di sekitar lereng gunung berapi ini yang hancur dan terkubur material. Tapi, setelah musibah tersebut terjadi dan kondisi Gunung Merapi kembali stabil, ternyata daerah-daerah yang hancur tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang yang berkunjung kesana untuk melihat sisa-sisa letusan dan efeknya terhadap lingkungan di sekitarnya. Daya tarik inilah yang kemudian dikelola menjadi objek wisata Lava Tour. Dan ternyata dengan pengelolaan yang baik, Lava Tour menjadi sangat terkenal dalam waktu yang singkat. Obyek wisata ini diminati tidak hanya oleh turis dalam negeri, tapi juga oleh turis mancanegara.

lava tour jogja

Rombongan Jeep Lava Tour

liburan di jogja

Lava Tour Jogja

Sampai sekarang masih banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya, dimana sebenarnya lokasi Lava Tour, karena daerah yang dulunya terkena muntahan material dari Gunung Merapi sangat luas. Jika Anda tertarik untuk mengikuti Lava Tour Jogja, Anda harus datang ke Desa Kinahrejo. Jika dulu saat Gunung Merapi meletus Anda sering menyimak berita di televisi, nama desa ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, Desa Kinahrejo adalah desa yang letaknya paling dekat dengan kawah gunung berapi yang masih aktif ini. Desa ini dulu juga merupakan tempat tinggal Mbah Maridjan, tokoh yang dulu menjadi sangat terkenal saat Gunung Merapi meletus. Dan pada akhirnya, sang juru kunci ini pun menjadi korban keganasan letusan. Saat sampai di kawasan wisata ini, Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Tapi sebenarnya sama saja, karena ada biaya yang harus dibayarkan untuk setiap kendaraan. Dan setelah itu, masih ada juga biaya parkir. Anda tidak bisa menjelajahi daerah tersebut menggunakan kendaraan Anda sendiri. Tersedia beberapa pilihan, yaitu naik ojek, menyewa sepeda motor trail, menyewa Jeep beserta pengemudinya, atau berjalan kaki.

outing di yogyakarta

Rombongan PT.Bayer Indonesia

Jika Anda ingin menjelajahi Desa Kinahrejo sambil sekaligus berolahraga dan menikmati segarnya udara pegunungan, Anda bisa berjalan kaki saja. Selain menyehatkan, pilihan yang satu ini juga murah meriah karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, tapi juga tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak, naik ojek dapat menjadi pilihan yang pas. Tarif ojek tidak mahal, dan tergantung tempat mana saja yang ingin Anda kunjungi. Jika Anda hanya ingin melihat bekas rumah Mbah Maridjan dan sekitarnya, tarifnya Rp. 20.000,-. Cukup murah kan? Jika Anda berjiwa petualang, dan mahir naik motor, mungkin menyewa motor trail lebih cocok untuk Anda. Tarif sewa motor penjelajah ini tergantung dari jarak paket yang Anda pilih, mulai dari Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-. Jika Anda liburan di Lava Tour Merapi bersama keluarga, mungkin menyewa Jeep akan lebih pas. Tarif sewa Jeep antara Rp.250.000,- sampai Rp.400.000,- dan setiap mobil dapat menampung 4 orang. Yang jelas, apapun pilihan Anda dalam Lava Tour Jogja, Anda akan menikmati pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Selamat berlibur!

Silahkan berkomentar