Berwisata sambil berolahraga, tentunya menyenangkan. Dapat melakukan dua kegiatan yang berguna baik bagi jasmani dan mental sekaligus merupakan berkah tersendiri. Kebanyakan wisatawan akan bertanya-tanya, olahraga apa ya yang bisa disatukan dengan berwisata? Banyak yang bilang olahraga ringan seperti berlari-lari kecil, jalan kaki, dan berenang. Namun, siapa yang mengira bahwa olahraga ekstrim seperti panjat tebing pun dapat dilakukan sembari berwisata. Dimanakah lokasi wisata yang menawarkan hal ini?

Tempat wisata itu adalah Pantai Siung. Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Bersebelahan dengan pantai menarik Gunung Kidul lainnya, seperti Pantai Wedi Ombo. Pantai Siung dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dan umum. Dengan kendaraan umum, pengunjung dapat menempuh perjalanan mulai dengan bus dari Terminal Giwangan ke arah Wonosari. Lalu dilanjutkan bus umum Wonosari – Tepus. Sesampainya di Tepus gunakan ojek untuk mencapai pantai. Dengan kendaraan pribadi waktu perjalanan dapat dipangkas lebih singkat, sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Jalanan menuju Pantai Siung beraspal baik namun agak berkelok-kelok.

pantai siung

Pantai Siung

Pantai Siung sangat terkenal dengan gugusan karang raksasa nya yang menjulang di sekitaran pantai. Karang-karang ini dipakai oleh para pecinta olahraga panjat tebing sebagai sarana latihan dan berbagai perlombaan (nasional dan internasional). Terhitung ada 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, jalur ini pun sudah berstandar internasional. Tak heran Pantai Siung ini adalah pantai yang digemari oleh para komunitas pecinta alam. Setiap harinya pasti saja ada yang muda-mudi yang sedang melakukan olahraga tersebut. Pengunjung yang tidak berminat untuk ikut memanjat tebing bak spiderman, tetap dapat menikmati tebing-tebing gagah Pantai Siung dengan menjadikannya lokasi fotografi yang menawan.

jalan menuju pantai siung

Tebing di Pantai Siung

Hamparan pasir putih menutupi dataran Pantai Siung yang cukup lebar. Sedari pagi hingga siang hari, banyak pengunjung yang berenang di pantai. Pantai Siung sangat aman untuk berenang karena adanya karang-karang yang menghalau ombak. Kira-kira dalamnya hanya sekitar satu meter. Ketika sore menjelang malam, pengunjung dapat menikmati sunset dan langit senja dari bukit di sebelah timur pantai yang dapat dipanjat, namun perlu ekstra hati-hati ketika menaiki bukit ini. Malam pun tiba banyak yang bermalam di Pantai Siung dengan menggunakan tenda. Bagi pengunjung yang tidak membawa tenda tapi ingin bermalam dapat menyewa penginapan kecil yang berbentuk rumah panggung yang lokasinya tidak jauh dari pesisir pantai.

Selain penginapan Pantai Siung juga memiliki tempat MCK umum, warung makan, dan toko yang menjual berbagai barang perlengkapan. Makanan di sini juga harganya sangat terjangkau. Pantai Siung merupakan salah satu spot wisata yang cocok baik bagi petualang yang menyukai wahana penuh tantangan maupun wisatawan pada umumnya yang suka berleha-leha dan menikmati pemandangan. Hubungi Labiru Tour sekarang juga untuk mengakomodasi keinginan Anda ke Pantai Siung! Can’t wait!

Silahkan berkomentar