Jika Anda seorang petualangan rasa alias culinary traveler, belumlah sah jika belum mencoba berwisata kuliner di Yogyakarta. Kota Yogyakarta selain kaya dengan kekayaan seni dan budaya nya, juga terkenal dengan aneka ragam dan keunikan kuliner-kulinernya. Makanan Yogyakarta yang tersohor adalah gudeg. Namun, selain itu banyak pula makanan-makanan lain yang rasanya membuat siapa pun yang mencicipinya melayang. Salah satunya adalah Yammie Pathuk yang berada di Jalan Kemetiran Kidul. Awalnya lokasi warung makan ini ialah di samping Pasar Pathuk, namun karena ketersediaan tempat yang terbatas sementara minat masyarakat untuk mencicipi kuliner ini tinggi maka dibukalah warung Yammie Pathuk yang kedua di jalan ini. Bagi yang ingin mencicipi di lokasi original juga dipersilahkan, karena masih buka juga sampai dengan sekarang.

yummi2

Tidak terlalu sulit menemukan lokasi dari warung makan ini. Dari Malioboro/Tugu sudah sangat dekat tinggal ambil jalan ke arah barat saja. Warung ini buka dari pagi hingga malam. Jangan khawatir kehabisan karena stok yammie nya memang banyak. Banyak yang terkesima dengan rasa dari Yammie ini, karena benar-benar menggugah rasa, malah banyak yang bilang kalau Yammie Pathuk ini Yammie terenak di Yogyakarta, oleh karena rasanya yang khas dan tidak ada duanya. Penyajian yammie ini seperti biasa yaitu semangkuk mie dan semangkuk kuah. Mie nya sendiri tipe mie tipis yang tidak terlalu keriting, mie nya dibuat sendiri oleh si empunya. Di atas mie nya ada daging ayam otong kecil-kecil, bawang goreng, dan daun bawang yang sudah diiris tipis. Di samping mangkuk terdapat pangsit basah dua buah berwarna putih. Kuahnya gurih rasa kaldu sungguhan. Bagi yang menginginkan porsi lebih dapat memesan yang porsi jumbo. Mangkuknya lebih besar dari mangkuk yang biasa, dan yang pasti isinya juga lebih banyak.yummi

Selain mienya, Yammie Pathuk juga menyediakan bakso dan siomay. Bakso ini juga bisa dipesan bersamaan dengan Yammie. Siomay ada di saat-saat tertentu. Lalu, untuk pencinta jajanan pasar, di sini terdapat kue onde, pastel, dan donat. Bisa menjadi dessert manis yang melengkapi kuliner Anda. Minuman di sini juga variatif, air putih, es teh, es jeruk, softdrink. Jika belum merasa kenyang, dapat juga menyantap pangsit gorengnya yang crunchy. Harga untuk semangkuk yammie bakso standar adalah Rp 14.000,-, yang jumbo Rp 18.000,-. Tidak mahal untuk semangkuk mie yang rasanya terjamin enak. Yammie Pathuk cocok sebagai teman berwisata di Yogyakarta. Penggemar yammie ini tidak hanya lokal saja, tidak jarang warung dikunjungi wisatawan mancanegara.

Yuk, jadwalkan liburan Anda ke Yogyakarta. Apabila memerlukan bantuan dapat menghubungi Labiru Tour. Paket Tour Jogja hanya untuk Anda! Nyam.. Nyam.. Nyam..

Silahkan berkomentar